Jadi Solusi Saat Ketinggalan Pesawat, Ini Biaya Perubahan Jadwal (Reschedule) AirAsia

Biaya, tarif, penerbangan, pesawat, AirAsia, tujuan, domestik, internasional, tiket, admin, reschedule, perubahan, transit, lama, baru, kelas, manage my booking, pembelian saya, perjalanan, kode, booking, pesanan, jadwal, penumpang, menu, nomor, aturan, peraturan, syarat, upgrade, perhitungan, regulasiIlustrasi: calon penumpang pesawat menunggu keberangkatan

Perencanaan wisata yang telah dibuat dengan matang tak jarang bisa meleset. Perubahan rencana bisa terlihat dalam kasus-kasus seperti berhalangan untuk berangkat pada waktu yang ditentukan. Nah, hal itu terbilang sepele tetapi bisa memusingkan Anda jika ingin mengurus perubahan . Lalu, bagaimana mengurus perubahan jadwal tersebut?

Public Relation & Marketing Officer Pegipegi.com, Claudia kepada KompasTravel mengatakan, kebijakan peraturan setiap maskapai penerbangan berbeda terkait perubahan jadwal . Ia menambahkan, rata-rata memberi syarat kepada untuk mengubah jadwal keberangkatan paling lambat sebelum 1×24 jam sebelum terbang tinggal landas.

Sementara itu, Operation Supervisor Ezytravel.co.id, Dyah Ayu Prabandhari menjelaskan, calon penumpang bisa menghubungi call center maskapai yang digunakan untuk mengubah jadwal keberangkatan. Ia mengingatkan untuk penumpang menyiapkan kode pemesanan dan identitas diri. “Untuk pengubahan pesawat biasanya ada cancelation fee dan biaya upgrade. Setiap penerbangan punya perhitungan dan regulasinya sendiri,” kata Dyah kepada KompasTravel.

Ia menyebutkan, proses pembayaran pengubahan jadwal keberangkatan bisa melalui Anjungan Tunai Mandiri, supermarket, atau harus datang ke kantor maskapai penerbangan. Layanan fasilitas pengubahan jadwal keberangkatan tersebut kembali bergantung pada setiap maskapai penerbangan.

Maskapai penerbangan contohnya, menerapkan perubahan jadwal penerbangan minimal 48 jam sebelum keberangkatan. Head of Corporate Secretary & Communications Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengatakan, penumpang perlu menyiapkan biaya tambahan pengubahan (change fee) dan selisih harga kursi penerbangan. “Serta tentunya bergantung pada ketersediaan kursi. Ini berlaku untuk promo,” ungkap Baskoro kepada KompasTravel.

Untuk AirAsia, reschedule atau perubahan jadwal hanya bisa diajukan melalui call center atau melalui menu ‘Manage my ’ yang tersedia di situs web mereka, mobile app mereka, dan mobile web di bawah menu ‘Pembelian Saya’. Melalui menu tersebut, Anda juga bisa mengubah detail penumpang, kontak, bagasi, makanan, kursi, dan upgrade sub-kelas tiket (hanya tersedia untuk penerbangan dengan nomor penerbangan yang diawali D7).

Siapkan seluruh dokumen perjalanan Anda seperti kode booking, nama penumpang, dan detail paspor (untuk penerbangan internasional) sebelum mulai mengajukan reschedule. Seperti halnya maskapai lain, perubahan jadwal mungkin tidak bisa dilakukan jika Anda membeli tiket promo atau tiket di sub-kelas tertentu.

AirAsia mengenakan biaya admin untuk setiap perubahan pemesanan yang Anda lakukan, apapun itu. Untuk reschedule tiket domestik di Indonesia, Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp242.000 dan sebesar Rp360.000 untuk tiket internasional (Jakarta – Kuala Lumpur).

Biaya ini dikenakan per penumpang per sektor, yang berarti bila Anda membeli tiket transit yang semuanya dengan AirAsia dan ingin ubah semuanya, maka biaya tersebut akan dikali dengan jumlah sektor yang diubah. Biaya yang harus Anda bayar tersebut belum termasuk dengan selisih harga tiket antara tiket lama dengan tiket , jika ada. Untuk lain, khususnya internasional, biaya yang dikenakan berbeda-beda.

Loading...