Jadi Rujukan Utama Hadis Nabi SAW, Berapa Harga Kitab Shahih Bukhari?

Kitab Shahih Bukhari - rizhazashoppe.comKitab Shahih Bukhari - rizhazashoppe.com

Kitab Shahih Bukhari telah menjadi rujukan utama bagi seluruh ulama ataupun peminat ilmu hadis dalam mempelajari sejarah Rasulullah SAW, terutama yang berkaitan dengan perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW. dengan mulai ratusan ribu , kitab ini memuat ribuan hadis sahih yang banyak dijadikan rujukan umat dalam berperilaku sehari-hari.

Kitab Shahih Bukhari, seperti namanya, ditulis oleh Imam Bukhari atau memiliki nama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah al-Jufri. Ia adalah seorang ahli hadis yang sangat populer di . Namanya melekat erat dengan hadis-hadis sahih Rasulullah SAW. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian Imam Bukhari ditempatkan sebagai panglima hadis Rasulullah SAW.

“Tidak sedikit seorang kiai atau ulama dikenal melalui karya tulisnya, bahkan mereka yang hidup ratusan tahun silam hingga sekarang masih dikenal karena tulisannya,” kata pengasuh Darul Amanah Sukorejo, Kendal, HM Adib Lc MA. “Contohnya adalah Imam Bukhari dengan hasil karyanya Shahih Bukhari dan kitab-kitab yang menjadi anutan hingga sekarang.”

Kitab Shahih Bukhari sendiri merupakan ringkasan dari judul kitab Al-Jami’ al-Shahih al-Musnad min Hadisi Rasulillah SAW wa-Sunnanihi wa-Ayyamih. Dalam kitab ini, Imam Bukhari memasukkan sekitar 9.082 hadis dari 100 ribu hadis yang telah dihafalkan dan 600 ribu hadis yang beredar di kalangan masyarakat. Menurut Ibn Hajar, hadis yang dimasukkan ke al-Jami’ al-Shahih itu hanya 2.761 saja yang bersih, sedangkan yang lainnya adalah hadis pengulangan dalam beberapa tempat. Sementara, menurut Ibn Shalah, hadis yang bersih hanya 2.602 saja.

Secara umum, ulama-ulama hadis memandang kitab ini memiliki paling tinggi dibandingkan kumpulan kitab-kitab hadis lainnya. Hal tersebut dikarenakan karakteristik kesahihan dalam Shahih Bukhari lebih sempurna, demikian pula syarat yang diterapkannya lebih ketat. Sistematika lain yang menandai keunikan Shahih Bukhari adalah tentang peletakan kitab dan bab.

Saat ini, kitab Shahih Bukhari sudah bisa dipelajari oleh umat Muslim secara keseluruhan, tidak hanya golongan ulama atau kiai. Untuk mendapatkan kitab hadis ini, Anda bisa membelinya di berbagai toko buku, baik offline maupun . Salah satu toko buku menawarkan kitab ini dengan harga Rp1.200.000 untuk lima jilid, sedangkan yang lainnya menjualnya dengan harga Rp970.000. Jika ingin membeli secara terpisah, harga per jilidnya dipatok Rp144.000.

Loading...