Jadi Produk Intelligent Synthesizer Pertama, Harga Keyboard Roland E96 Bekas Rp6 Jutaan

Harga, keyboard, Roland, e96, e86, kualitas, seri, bekas, di, pasaran, jual, online, arranger, intelligent, synthesizer, produk,Beberapa produk keyboard dan synthetizer di pasaran

Keyboard merupakan sebuah alat musik yang cara memainkannya seperti piano, yakni dengan cara dipencet. Dengan hanya bermodal satu musik ini, pengguna sudah bisa bermain musik layaknya sebuah full band. Pasalnya, yang menjadi kelebihan keyboard adalah bisa memainkan beragam suara seperti terompet, suling, gitar, biola hingga perkusi.

Hingga kini, telah banyak merek dan brand keyboard yang ada di pasaran. Tiap merek tentunya menawarkan dan yang berbeda. Dari penawaran harga yang murah hingga harga tertinggi tergantung kebutuhan pemakainya. Salah satu merek piano yang cukup terkenal adalah Roland.

Roland sendiri bisa dibilang sebagai salah satu lama dalam industri instrumen musik dunia. Selain keyboard, perusahaan ini juga memproduksi amplifier, piano, gitar, bass, hingga drum.

Perusahaan yang memiliki nama lengkap Roland Corporation ini adalah satu perusahaan yang berada di negara Jepang. Roland bergerak di bidang alat musik, alat-alat elektronik dan software. Perusahaan ini didirikan oleh Ikutaro Kekehashi di Osaka pada tanggal 18 April 1972. Namun pada tahun 2005, Roland berpindah ke Hamamatsu di Shizuko dan hingga saat ini memiliki beberapa pabrik yang tersebar di negara-negara besar di dunia, di antaranya adalah Italia, Amerika Serikat, Jepang, dan Taiwan.

Saat ini, sudah tersedia beragam dan tipe keyboard keluaran Roland. Harga perangkat instrumen ini pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta per unit. Hal tersebut bergantung pada kualitas dari berbagai dan tipe keyboard yang bersangkutan. Beberapa seri keyboard Roland yang menjadi andalan para musisi di Tanah Air salah satunya adalah Roland E96.

Roland E96 menjadi salah satu arranger keyboard yang diklaim berkualitas bagus. Keyboard yang dikeluarkan pada tahun 1993 ini mendapatkan respons yang luar biasa, dan hampir semua seniman menginginkan keyboard tersebut untuk dimiliki.

“Menurut saya pribadi, Roland E-86 dan E-96 tidak tertandingi di zamannya, karakter suara low dan high yang bersih menandakan keberhasilan dari Roland mengeluarkan keyboard intelligent synthesizer pertamanya. Suara piano, sax, flute dan violin dengan karakter khas Roland membuat enjoy saat improvisasi di kala mengiringi kenangan, keroncong dan melayu (dangdut). Saat itu sungguh luar biasa, suatu nikmat tersendiri yang saya rasakan setelah mengenal lebih jauh tentang keyboard E-96,” seperti dilansir di laman Mahendra Irama.

Keyboard Roland seri E96 juga telah dibekali general midi dan general sound untuk membuat midi dan membuat style sendiri. Kedua keyboard tersebut masih menggunakan floppy disk untuk menyimpan dan meloading midi maupun style.

Namun yang menjadi kekurangan adalah pada perangkat ini tidak ditemukan port USB. Hal ini tentu saja menyulitkan pemain yang ingin menggunakannya sebagai midi kontroller, sedangkan koneksi ke pc/laptop tidak ada. Namun, permasalahan ini bisa diatasi dengan cara menggunakan sebuah kabel adapter Midi To USB.

Karena termasuk dalam seri keyboard keluaran lama, maka di pasaran pun hanya terdapat produk bekas yang kerap dijual di situs jual beli online. Harga satu item keyboard Roland E-96 sekitar Rp6 jutaan.

Loading...