Jadi Primadona di Mancanegara, Harga Ikan Tuna Sirip Kuning Per Kg Bisa Sampai Jutaan Rupiah

Yellowfin Tuna - www.mufasasportfishing.com.au

termasuk negara bahari yang memiliki kekayaan laut melimpah. Banyak komoditas laut dari yang di , misalnya seperti tuna sirip biru atau tuna sirip kuning. Jika di Indonesia tuna sirip kuning per kg hanya berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja, maka di negara tujuan seperti Jepang harga tuna sirip kuning per kilonya bisa mencapai jutaan rupiah. Luar biasa bukan?

Ikan tuna sirip kuning atau yellowfin memiliki nama latin yang disebut Thunnus Albacares. Bobot ikan tuna sirip kuning sendiri bisa mencapai 180 kg per ekor dan jika berkembang bobotnya mencapai 450 kg per ekor. Ikan primadona ini memiliki ciri khas yang menjadikannya berbeda dari ikan tuna lainnya, yaitu sirip punggung dan sirip perut lebih panjang serta berwarna kuning cerah, warna utama tubuh biru metalik gelap, bagian perut berwarna perak, hingga memiliki sekitar 20 garis vertikal di bagian perutnya.

Di Indonesia biasanya ikan tuna sirip kuning biasa ditemukan di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, tepatnya di Pulau Doi yang berbatasan dengan Samudera Pasifik. Selain banyak diburu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, ikan tuna sirip kuning banyak diekspor ke China, Jepang, hingga Amerika Serikat. Di Jepang biasanya ikan tuna sirip kuning disajikan dalam bentuk sashimi.

Menurut Staf Dinas Perikanan Kabupaten Halmahera Utara‎, Ongen Tambariki‎ harga ikan tuna sirip kuning grade A biasanya sekitar Rp 40 ribu per kilogram di . Sebagai , di ikan ini dibagi ke dalam 3 grade, yaitu A, B, dan C, tergantung dari tekstur daging dan klasifikasi lainnya. “Tapi kalau untuk pasar ekspor, harga jualnya bisa mencapai Rp 200 ribu-Rp 300 ribu per kg dan di Jepang bisa dihargai Rp 1,2 juta per kg. Mereka tentu melihat grade-nya,” ujar Ongen, seperti dilansir Liputan 6.

Apabila dihitung secara rinci, jika seekor ikan tuna sirip kuning seberat 102 kg dijual dengan harga Rp 1,2 juta, maka harga jual ikan ini di pasar ekspor bisa mencapai Rp 122,40 juta. Ikan ini disebut-sebut mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi karena memiliki rasa lebih enak daripada ikan lainnya. Sampai saat ini pasar tuna yellowfin terbesar berada di Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Loading...