Jadi Mainan Sekaligus Alat Latihan Menarik, Berapa Harga Alat Simulator Bus?

Simulator Bus - play.google.comSimulator Bus - play.google.com

Bagi yang bercita-cita menjadi sopir atau hanya ingin mencoba sensasi menyetir kendaraan besar seperti memang kini bisa lebih mudah berlatih dengan memanfaatkan kecanggihan . Sudah ada banyak simulator bus untuk dan bahkan ada pula simulator bus berbasis yang bisa menampilkan simulasi jalanan saat berkendara dengan bus secara realistis.

Di Indonesia sendiri alat simulator bus memang masih jarang secara bebas. Biasanya yang banyak adalah software atau simulator bus yang berasal dari mod (modifikasi) Euro Truck Simulator (ETS) supaya sesuai dengan bus dan peta Indonesia. software simulator bus Indonesia ini cukup bervariasi. Di beberapa situs jual beli online biasanya dijual dengan sekitar Rp 50 ribuan hingga Rp 200 ribuan, tergantung dari kelengkapan yang ditawarkan.

Untuk simulator bus harga Rp 200 ribuan biasanya sudah menawarkan lengkap simulator bus dan truk khas Indonesia, lengkap dengan map alias peta Indonesia, bunyi klakson telolet, dan sebagainya. Game yang ditawarkan tersebut sudah dalam kondisi full version, sehingga tidak akan crash atau error ketika dimainkan.

Menariknya, agar lebih terlihat nyata, beberapa netizen bahkan ada yang berjiwa kreatif dengan mengembangkan steering wheel, pedal gas, rem, dan shifter secara DIY (do it yourself) menggunakan peralatan dan bahan seadanya.

“Dalam pembuatan steering wheel home made ada beberapa alternatif alat yang bisa digunakan, yaitu mouse, keyboard, gamepad/joystick, dan arduino. Masing-masing alternatif tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan serta tingkat kerumitan yang berbeda,” demikian kata user di salah satu forum yang ada di Indonesia.

Netizen tersebut membuat steering yang dapat digunakan sebagai alat kemudi dalam simulator bus dengan bermodalkan triplek, joystick, dan sebagainya. Namun karena menggunakan alat sederhana, ia mengatakan bahwa kekurangan ada pada bagian steering. “Steering masih belum sempurna, karena gerakannya masih kasar, dan patah-patah. Terlalu banyak deadzone-nya,” ujarnya.

Meski demikian, aksi kreatifnya membuat alat simulator bus sendiri ini mendapat banyak pujian dari anggota forum yang lain. “Mantab.. kreatif to the max ini namanya,” kata pengguna yang lain. “Bagian pedal butuh penyesuaian jarak kayaknya. Dan switch pedal diganti saklar push on dijamin makin gahar,” sahut lainnya.

Loading...