Jadi Komponen Penting, Ini Harga Isi Ulang Freon AC

Freon AC - (Sumber: lg.com)Freon AC - (Sumber: lg.com)

Freon (atau refrigerant) merupakan salah satu yang sangat penting untuk AC. Fungsinya adalah untuk menciptakan hawa sejuk sehingga dapat mendinginkan udara di dalam . Freon AC harus rutin dirawat dengan cara diisi ulang jika cairan di dalamnya sudah habis. atau biaya isi ulang freon AC berkisar antara Rp150 ribuan hingga Rp600 ribuan tergantung dari jenis dan tipe freon AC.

Freon sendiri berupa cairan yang diuapkan untuk menyejukkan ruangan, maka freon sudah pasti akan habis dan harus diisi ulang. Pada beberapa contoh kasus, freon juga bisa habis disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada selang ataupun pipa yang menghubungkan beberapa komponen AC. Pengisian freon tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 30 menit.

Selain digunakan untuk di dalam ruangan gedung, rumah, ataupun kantor. AC juga digunakan di dalam mobil. AC mobil menjadi salah satu fitur penting untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, apalagi jika menempuh perjalanan jauh.

Selain luar mobil, pendingin kabin mobil atau AC juga harus mendapat perhatian. Perlu dilakukan pengecekan komponen AC secara rutin agar kabin bisa tetap dingin saat mobil dipakai dalam beraktivitas sehari-hari.

“Sangat perlu dicek, khususnya mobil yang dipakai menempuh perjalanan panjang, medan yang berdebu, jalan bergelombang, dan suhu udara yang tinggi saat macet. Ini sangat berpengaruh pada kerja AC mobil,” kata Susanto, Product Manager PT Cipat Gemilang Bersama, dilansir dari Viva.

Freon pada AC mobil juga menjadi komponen yang tak kalah penting dalam fungsinya sebagai cairan pendingin. Jika freon AC pada mobil habis, selain mobil menjadi tidak sejuk, habisnya freon yang dibiarkan terlalu lama juga akan berdampak pada kerusakan sistem AC mobil yang lebih parah, dan otomatis akan memakan biaya perbaikan yang lebih .

Maka dari itu penting untuk mengetahui ciri-ciri atau freon AC mobil sudah habis dan harus diisi ulang. Beberapa ciri-cirinya adalah AC tidak terasa dingin dan hanya mengeluarkan angin biasa. Kemudian ciri lainnya adalah kipas AC tidak berputar meski sudah dinyalakan, putaran mesin (rpm) tidak mengalami perubahan naik/turun saat AC dinyalakan. Lalu hentakan kompresor tidak bekerja karena magnetic clutch terputus oleh switch pressure.

Untuk memastikan freon yang sudah habis, dapat dilakukan dengan cara cek secara manual dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada filter AC saat mesin menyala. “Freon yang terlihat berbusa menjadi penanda bahwa freon AC habis, namun jika terlihat bening freon AC mobil Anda masih ada,” kata Alimin, salah seorang yang membuka bengkel AC.

Bisa juga dilakukan dengan cara mengecek melalui lubang pengisian freon, yang bentuknya mirip seperti pentil pada ban. Langkah awalnya dengan membuka penutupnya, lalu tekan atau tusuk dengan menggunakan bantu seperti paku. Apabila keluar semburan gas, itu tandanya freon masih ada.

Loading...