Jadi Komponen Pelindung Konstruksi Dermaga, Ini Daftar Harga Fender Karet

Fender Karet - (Sumber: gburubber2014.wordpress.com)Fender Karet - (Sumber: gburubber2014.wordpress.com)

Dermaga adalah suatu tempat berlabuhnya kapal. Dermaga atau lebih dikenal dengan pelabuhan memiliki beberapa item wajib untuk konstruksi dermaga, salah satunya adalah fender. Dalam perkapalan, fender adalah bumper yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat ke dermaga atau pada saat kapal yang sedang ditambatkan terhempas oleh atau arus yang terjadi di pelabuhan.

Fender juga memiliki fungsi untuk menyerap energi kinetik dari kapal saat berlabuh ke dermaga. Ada kalanya meski banyak dari kita yang kerap pergi ke dermaga, namun tidak tahu persis fender. Dengan kata lain fender hanya terlihat namun jarang diperhatikan. Padahal fender memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga konstruksi dermaga.

Fender ada juga yang dipasang langsung pada kapal untuk mengantisipasi terjadi berlabuh secara darurat dan juga mencegah terjadi benturan antar kapal saat berlabuh seperti karet ban bekas dan jenis fender lainnya.

Item ini biasanya memiliki daya serap energi yang tinggi dan gaya reaksi yang rendah, maka dari itu ia mampu melakukan peredaman. Umumnya, fender terbuat dari karet, busa elastomer, atau plastik. Jenis fender yang digunakan tergantung pada banyak variabel, antara lain ukuran dan berat kapal, stand-off maksimum yang diizinkan, kapal, variasi pasang-surut, dan kondisi tempat tertentu lainnya. Ukuran fender didasarkan pada energi kapal saat berlabuh yang berhubungan dengan ketepatan kecepatan berlabuh.

Jenis fender kayu umumnya dipasang pada sisi dinding dermaga, penggunaan bahan kayu juga dapat meredam energi kapal yang akan bersandar pada dermaga atau pelabuhan. Penggunaan fender kayu kini sudah sangat jarang digunakan, karena bahan kayu yang semakin mahal dan dapat merusak lingkungan melalui penebangan pohon secara ilegal.

Sementara jenis fender gravitasi biasanya yang digantung sepanjang dermaga dan dibuat dari tabung baja yang diisi dengan beton dan sisi depan diberi pelindung kayu. Fender ini akan bergerak untuk meredam energi ketika terjadi benturan kapal dengan dermaga.

Nah, khusus untuk fender karet, merupakan tipe fender yang paling banyak digunakan. Fender jenis biasa merupakan hasil dari produksi . Fender karet juga memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi. “Rubber fender tipe M memiliki bentuk kontak yang lebar dan fleksibel yang memberikan suatu tekanan rendah selama operasi mendorong. Juga bisa dipasang di sekitar tikungan tajam, sementara berat relatif rendah menambah stabilitas ,” ucap salah seorang distributor fender.

Berikut daftar harga fender rubber dermaga yang ada di .

Jenis dan Fender Karet Harga
Rubber fender tipe silinderRp450.000
Rubber fender tipe cellRp450.000
Rubber fender model VRp700.000
Rubber fender model MRp888.000
Rubber fender model DRp1.350.000

Fender dapat dipasang dengan beberapa cara, dengan cara baut atau strip. Lubang pemasangan yang dibutuhkan dibuat melalui samping atau melalui bagian atas dan bawah. Bantalan karet persegi dapat diberikan dalam panjang yang ditentukan dan ujungnya bisa dibongkar.

Loading...