Jadi Komponen Listrik Penting, Berikut Harga Saklar Broco

Saklar Broco - (Sumber: blibli.com)Saklar Broco - (Sumber: blibli.com)

Saklar (Sakelar) atau lebih tepatnya adalah Saklar listrik adalah suatu komponen atau perangkat yang digunakan untuk memutuskan atau menghubungkan aliran listrik. Saklar atau Switch ini merupakan salah satu komponen atau alat listrik yang paling sering digunakan. Hampir semua peralatan elektronika dan listrik memerlukan saklar untuk menghidupkan atau mematikan alat listrik yang digunakan.

Pada dasarnya, sebuah saklar sederhana terdiri dari dua bilah konduktor (biasanya adalah logam) yang terhubung ke rangkaian eksternal. Apabila kedua bilah konduktor tersebut terhubung maka akan terjadi hubungan arus listrik dalam rangkaian. Sebaliknya, saat kedua konduktor tersebut dipisahkan maka hubungan arus listrik akan ikut terputus.

Saklar yang paling sering ditemukan adalah saklar yang dioperasikan oleh tangan manusia dengan satu atau lebih pasang kontak listrik. Setiap pasangan kontak umumnya terdiri dari 2 keadaan atau disebut dengan ‘state’. Kedua keadaan tersebut diantaranya adalah keadaan ‘close atau tutup’ dan keadaan ‘open atau buka’. Close artinya terjadi sambungan aliran listrik sedangkan open adalah terjadinya pemutusan aliran listrik.

Di Indonesia sendiri, salah satu merek saklar yang cukup populer adalah Broco. PT.Broco disebut-sebut sebagai perlengkapan listrik terkemuka di Indonesia. Broco electrical terbukti menjadi pemimpin yang dinamis sebagai pelopor produk-produk listrik berkualitas. Produk Broco terkenal dipakai mulai dari bangunan komersial untuk perumahan hingga hotel bintang lima.

Jenis produk Broco yang terdapat dalam katalog produk juga sangat bermacam-macam mulai dari saklar, stop kontak, outlet TV, outlet telepon, outlet data, steker, dan lain-lain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Khusus untuk produk saklar, Broco menawarkan sejumlah pilihan produk saklar dengan harga yang relatif terjangkau. Misalnya untuk saklar engkel outbow Broco Newgee 6621U dihargai Rp10 ribuan dan saklar seri outwob Broco Newgee 6620U sedikit lebih , yakni Rp14 ribuan.

Sebenarnya memilih saklar/stop kontak yang baik, tidaklah sulit, namun perlu memperhatikan beberapa kriteria agar terjamin keamanan saat penggunaan saklar tersebut. Dikarenakan kurangnya dari pengguna, sering kali pengguna memilih saklar dengan kurang baik (hanya dikarenakan faktor pemilihan saklar berharga murah). Hal ini tentu sangat riskan, karena berpotensi besar mengakibatkan kebakaran akibat melelehnya saklar yang tidak tahan terbebani muatan listrik dalam waktu yang lama.

“Stop kontak yang dipasangi banyak berpotensi lebih mudah mengalami kebakaran dan menimbulkan korsleting,” ucap Frankco Nasarino Nainggolan, Product Marketing Partner Retail Schneider Electric Indonesia, dilansir dari Kompas.

Saklar yang berkualitas baik, bukan berarti harus saklar yang berharga mahal. Namun secara logika, produk yang berkualitas baik cenderung sedikit lebih tinggi harga jualnya dibandingkan dengan produk berkualitas rendah. Hal ini disebabkan karena adanya riset dan pengembangan produk yang lebih baik sehingga produksinya lebih besar.

Loading...