Jadi Jenis Unggulan, Beras Rojolele 5 Kg Dijual dengan Harga Bervariasi

Beras - rayapos.comBeras - rayapos.com

memiliki banyak varietas beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari beras Rojolele, Pandan Wangi, Setra Ramos, hingga Menthik. Rojolele jadi salah satu beras masyarakat lantaran memiliki ciri khas bentuknya bulat dengan sebagian butirannya bewarna putih susu, serta memiliki tekstur yang pulen lembut. Karena menjadi salah satu unggulan, tak ayal jika beras Rojolele pun relatif lebih mahal dibanding beras-beras biasa.

Beras Rojolele biasanya dikemas dalam sak 5 kg, 10 kg, hingga 20 kg dengan harga yang bervariasi, tergantung dari produsennya. Beras Rojolele kemasan 5 kg biasanya dijual dengan kisaran harga antara Rp 67.900 hingga Rp 75.900.

Beberapa mini market seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret bahkan juga menjual beras Rojolele dengan menggunakan branding mereknya sendiri. Sementara itu beras Rojolele organik seberat 5 kg biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal dibanding beras Rojolele biasa, yakni sekitar Rp 95 ribuan per sak.

Sejak dikembangkan beberapa tahun silam, beras Rojolele dikenal sebagai kultivar beras unggulan dari wilayah Jawa Tengah. Selain di Jawa Tengah, beras ini juga banyak ditemukan di Jawa Timur. Namun sayang, menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten, Surti Hartini, padi yang sempat populer di era 1960-1970an tersebut kini pamornya mulai redup.

Surti mengatakan bahwa kini hanya sedikit petani yang bertahan menanam padi jenis rojolele lantaran usia panennya lebih lama daripada padi biasa, tidak tahan serangan hama, dan memiliki yang cukup rumit. Oleh sebab itu, Pemkab Klaten bekerjasama dengan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) sejak 2013 agar dapat mengembangkan pemuliaan padi jenis rojolele.

“Sebenarnya padi rojolele itu bisa jadi Klaten, itu kan terkenalnya dari Delanggu. Ini sedang kerja sama dengan BATAN biar umurnya padi enggak lama, hasil banyak, dan rasa tetap enak. Ini masih dalam dengan BATAN,” ungkap Surti seperti dilansir Okezone.

Loading...