Jadi Favorit, Ini Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran (FK) Unjani

Biaya, kuliah, fakultas, kedokteran, fk, unjani, gigi, umum, pendaftaran, 2018, reguler, karyawan, program, studi, jurusan, pendidikan, universitas, jenderal, achmad yani, Cimahi, Bandung, S1Praktik mahasiswi Fakultas Kedokteran Unjani (instagram: @fkunjaniupdate.official)

Universitas Jenderal Achmad Yani atau UNJANI adalah sebuah di Indonesia. utamanya terletak kawasan militer yaitu di bagian selatan Kota Cimahi, Jawa Barat tepatnya di Jalan Terusan Jendral Sudirman. Sementara utama lainnya terdapat di Kota Bandung tepatnya di Jalan Terusan Jenderal Gatot Subroto, Kiaracondong.

Ketika pertama kali didirikan, Unjani hanya memiliki tiga , yakni Teknik dengan jurusan Teknik Metalurgi, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan D3 Keramik, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Manajemen Industri. Kemudian Ekonomi dengan jurusan Manajemen, dan Akuntansi. Serta MIPA dengan jurusan Kimia, Fisika, Informatika.

Kemudian pada tahun 1992, Unjani menambah fakultas di lingkungannya yaitu Fakultas ISIP dengan jurusan Ilmu Pemerintahan dan Fakultas . Pengembangan selanjutnya dengan penambahan jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 1993, jurusan Farmasi dan MIP pada tahun 1999 dan Fakultas Psikologi pada tahun 2003. Pada Tahun Ajaran 2011, Unjani kembali membuka studi baru yaitu Studi Biologi, Gigi, dan Pascasarjana Elektro. Dan mulai tahun ajaran 2015, jurusan baru yang dibuka adalah Hukum yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Fakultas Kedokteran Unjani memiliki sejarah yang sangat panjang dalam masa pendiriannya. Sejak tahun 1987, jauh sebelum UNJANI dibentuk, telah mulai perintisan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Kedokteran bersama Universitas Padjajaran (UNPAD). Setelah UNJANI berdiri, perintisan dilanjutkan lebih intensif bersama UNPAD dan KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat untuk mendirikan Fakultas Kedokteran dengan persetujuan Koordinator KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat tanggal 21 Juli 1991 Nomor 143/KopIV/1991.

Pendirian Fakultas Kedokteran UNJANI dikukuhkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Tinggi a.n. Menteri dan RI Nomor 45/D/0/1993 tanggal 20 April 1993 yang memberikan status terdaftar kepada Program Studi Dokter untuk jenjang Program S1. Meskipun penerimaan mahasiswa angkatan pertama sebenarnya telah dimulai bulan Oktober 1992, namun Hari Kelahiran Fakultas Kedokteran UNJANI ditetapkan berdasarkan tanggal dikukuhkan pendiriannya oleh Dirjen Dikti, yaitu tanggal 20 April 1993.

Fakultas Kedokteran menjadi salah satu favorit di antara sejumlah fakultas yang ada di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani). Unjani memiliki dua konsentrasi Fakultas Kedokteran yakni Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi. “Meski usianya masih relatif muda, tetapi kedokteran gigi sudah diminati lulusan SMA,” kata Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi, Adi Mulyono, dilansir dari Pikiran Rakyat.

Pada tahun ajaran 2018/2019 ini, FK Unjani kembali membuka yang terbagi menjadi beberapa jalur, seperti jalur Undangan, PMDK, USM, ataupun Prestasi. Sementara biaya kuliah dibagi menjadi dua, yakni kelas reguler atau karyawan. Misalnya, untuk program studi S1 Kedokteran Umum kelas reguler, biaya total pendidikannya mulai Rp154.765.000. Sementara total biaya pendidikan untuk prodi S1 Kedokteran Gigi kelas reguler sebesar Rp139.765.000.

Loading...