Jadi Alternatif Penyimpan Makanan dan Minuman, Harga Cool Box Cukup Variatif

Harga, cool box, cooler box, penyimpan, makanan, minuman, alternatif, kulkas, merek, merk, styrofoam, murah, Lion Star, Kirapac, di, pasaran, liter, ukuran, daya, pendingin, jenis, panel, isolasi, vakum, produk, dibanderol, polyurethane foam, memancing, es, suhu, plastik, kain, logam, perlengkapan, dapur,Ilustrasi: memuat perbekalan dalam cool box ke bagasi mobil

Lelah beraktivitas di siang hari dan ingin melepas dahaga? Minuman dingin atau es bisa jadi pilihan paling tepat. Saat di dalam rumah keberadaan lemari es memang dapat menunjang kebutuhan Anda, namun jika sedang berada di udara terbuka, dapur apa yang bisa dimanfaatkan?

pendingin, juga dikenal sebagai cooler box (cool box), hadir untuk menunjang aktivitas saat di luar rumah dan jauh dari sumber listrik. Anda tetap dapat merasakan dinginnya jus jeruk, segarnya semangka dingin, nikmatnya jus alpukat, dan banyak lagi dengan bantuan perlengkapan dapur ini.

Anda yang menyukai kegiatan berkemah pun dapat memanfaatkan alat tersebut untuk menjaga kualitas makanan selama jauh dari rumah. Menariknya, bentuk dan cooler box bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, seperti cooler box plastik, cooler box kain, cooler box logam, ataupun styrofoam cooler box.

Jika Anda memiliki hobi memancing, cooler box menjadi salah satu item penting. Di pasaran terdapat berbagai brand yang mengeluarkan cooler box, seperti Igloo, Lion Star, Kirapac, dan sebagainya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memilih cooler box yang tepat agar kegiatan memancing Anda semakin menyenangkan.

Jika lokasi tujuan memancing Anda perlu ditempuh dengan berjalan kaki, ukuran cooler box yang terlalu besar bisa menyusahkan Anda. Oleh karena itu, pilihlah cooler box yang berukuran 5-10 liter agar memudahkan Anda saat membawanya. Cooler box berukuran 40-50 liter sangat cocok untuk kegiatan memancing di atas kapal dan mampu menampung tangkapan besar.

Bagi pemula, Anda bisa memilih cooler box berukuran 20 sampai 30 liter karena sangat fleksibel. Selain mampu menampung hasil tangkapan sedang sampai tangkapan besar, cooler box dengan ukuran tersebut juga bisa Anda gunakan ke berbagai tempat pemancingan seperti di tambak maupun di atas kapal.

Semakin baik isolasi yang digunakan pada cooler box, semakin baik daya pendinginannya, harganya pun semakin bervariasi. Cooler box yang menggunakan panel isolasi vacuum, kualitas pendinginannya sangat terjamin karena udara panas dari luar sulit masuk. Akan tetapi, cooler box ini harganya sangat mahal, cukup berat, dan apabila pecah, tidak bisa digunakan lagi sehingga harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Sementara itu, polyurethane foam adalah isolasi yang paling banyak digunakan pada cooler box yang tersedia di pasaran. Tingkat pendinginan yang dihasilkan isolasi ini cukup stabil dan harganya relatif murah. Daya pendinginannya memang lebih rendah jika dibandingkan dengan panel isolasi vacuum. Namun, daya pendinginannya pun akan bertambah saat ketebalan polyurethane foam bertambah. Bahkan, efek pendinginan panel isolasi vakum bisa Anda dapatkan apabila ketebalan polyurethane foam sekitar 6 cm. Akan tetapi, semakin tebal polyurethane foam yang digunakan, harganya pun semakin mahal.

Nah, jika Anda ingin memiliki yang dibanderol dengan murah, styrofoam adalah jenis isolasi yang paling murah dan mudah didapatkan. Semakin tebal styrofoam, daya pendinginannya pun semakin tinggi. Anda juga bisa menambahkan es ke dalam box agar dinginnya bertahan lebih lama.

“Namun, kekurangan dari cooler box dengan isolasi styrofoam adalah daya pendinginannya tidak tahan lama karena udara dari luar mudah masuk ke dalam,” kata salah seorang penjual. Jika Anda menggunakan cooler box jenis ini, pastikan penutupnya merekat dengan untuk menghindari masuknya udara luar.

Nah seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak merek cooler box yang ada di pasaran. Harganya pun beragam tergantung ukuran. Tas styrofoam cooler box 34x25x31cm dengan harga Rp150 ribuan, Kirapac Fresh Cooler Box 70 liter seharga Rp960 ribuan, Lion Star Antarctica Cooler Box 55 liter ditawarkan dengan harga Rp610 ribuan.

Loading...