Jadi Alternatif Pengobatan Varises, Berapa Biaya Suntik Skleroterapi?

Ilustrasi : Penyakit varises di kakiIlustrasi : Penyakit varises di kaki - Starberita.com

Varises selama ini kerap dianggap sepele oleh masyarakat, padahal satu ini tergolong berbahaya dan bisa berisiko menyebabkan kematian. Varises sangat mudah diidentifikasi karena terkenal dengan ciri khasnya berupa munculnya area berwarna kebiruan dengan kontur berkelok-kelok di daerah betis, diiringi dengan keluhan lain seperti nyeri tungkai setelah beraktivitas lama. varises sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari metode invasif (dengan operasi) atau non-bedah.

Varises sendiri adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat aliran balik mengalir ke bawah. Penderita varises biasanya pembuluh venanya akan tampak menonjol berwarna biru atau ungu tua. Kadang ada pula yang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin.

“Penumpukan darah di dalam pembuluh vena terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar,” kata Dokter Spesialis Bedah Thorax Kardio Vaskular dr Hariadi Hatta Sp BKTV, seperti dilansir Riaupos.

Orang-orang yang berisiko tinggi terkena varises adalah ibu hamil, juru masak, perawat, pelayan, penata rambut, atau pekerjaan lainnya yang mengharuskan duduk atau berdiri dalam waktu lama. “Jika varises belum begitu besar masih dapat dihilangkan dengan cara suntikan. Nama asingnya sclerosing. Sedangkan soal biayanya tergantung dari banyaknya varises yang akan di-sclerosing dan obatnya,” ucap Dr. Ary Mboeik, Sp.BTKV (K) BV.

varises biasanya berkisar mulai ratusan ribu dan keseluruhan biaya akan ditotal berdasarkan jumlah suntikan yang diberikan. Ada yang mematok biaya Rp 750 ribu, ada yang hanya Rp 350 ribuan, atau bahkan Rp 1,5 juta. Apabila jumlah titik yang disuntik ada banyak, maka biayanya pun dapat mencapai Rp 3 jutaan.

Selain menggunakan dana pribadi, penanganan varises seperti suntik skleroterapi atau operasi ternyata juga ditanggung oleh dengan nominal pertanggungan yang cukup besar, mencapai Rp 20 juta. “Bagi masyarakat jangan takut, karena saat ini telah meng-cover biaya pengobatan varises,” tegas dr Hariadi.

Loading...