Jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi, Harga Susu Soya S26 Rp100 Ribuan

Harga, susu, s26, Nursoy, soya, varian, jenis, saran, penyajian, bayi, usia, 0-6, bulan, kandungan, ukuran, anak, tahap, vitamin, pertumbuhan, tumbuh, produk, kesehatan, asupan, nutrisi, informasi, suplemen, pendamping, orang tua, 1, 2, faktor, perkembangan, Nutrilon, Nutribaby, Royal 2, alergi, alternatif. Protein, asam amino, hiperallergenic, gejala, WyethIlustrasi: segelas susu kedelai (sumber: vox.com)

Pada beberapa kasus ditemukan yang alergi terhadap susu, dan kebanyakan dokter akan menyarankan untuk mengganti susu formula biasa ke susu formula HA atau hypoallergenic. Alergi susu ini dapat diartikan ketika sistem kekebalan anak keliru dalam mengenali protein susu sebagai sesuatu yang berbahaya dan harus dilawan.

Secara umum, alergi susu dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor genetik dan lingkungan. Namun, di antara kedua faktor tersebut, dikatakan bahwa faktor genetik yang paling berpengaruh. Kemudian cara yang tepat untuk mengetahui seorang calon bayi akan terkena alergi atau tidaknya adalah dengan melihat riwayat dari keluarga.

Dikatakan oleh dr Zakiudin Munasir Sp A (K), kepala Sub bagian Alergi Imunologi Departemen Ilmu Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/RSUPN Cipto Mangunkusumo, dalam makanan terdapat pembagian kategori pemicu alergi, yaitu hypoallergenic dan hiperallergenic. Hypoallergenic artinya golongan makanan yang tidak mudah menimbulkan alergi. Sedangkan, hiperallergenic artinya golongan makanan yang begitu mudah menimbulkan alergi. Susu sapi termasuk kategori hiperallergenic.

Untuk mengatasi permasalahan alergi susu pada bayi, ia menyarankan agar orang tua memberikan dua jenis susu khusus, yakni susu formula asam amino dan susu formula protein hidrolisis ekstensif. Susu formula protein hidrolisis ekstensif adalah jenis susu yang sudah mengalami proses pemecahan protein. Beberapa protein yang menyebabkan alergi dipisahkan agar tidak ikut terkonsumsi bayi.

Sedangkan susu formula asam amino merupakan produk susu yang sudah menjalani proses lebih panjang lagi. Dalam proses itu diketahui bahwa kandungan dalam susu sapi yang benar-benar berguna untuk tubuh bayi adalah asam amino. Sehingga dibuatlah susu berbahan dasar asam amino yang mengandung protein dalam bentuk sederhana.

Idealnya, bayi yang mengidap alergi susu sapi dapat mengonsumsi susu formula asam amino ketimbang susu formula protein hidrolisat ekstensif. Pasalnya, dalam sejumlah terapi, penggunaan susu formula protein hidrolisis ekstensif masih ditemukan kegagalan sekitar 10 sampai 30 persen. Rasa susu asam amino pun juga lebih enak dibanding dengan susu hidrolisat. Hanya saja, formula asam amino dibanderol lebih mahal.

“Dengan susu khusus tersebut, kondisi usus bayi bisa diperbaiki dalam waktu dua hari. Setelah dua minggu, usus sudah bisa berfungsi normal,” tuturnya kepada Republika. Selain dua susu tersebut, susu atau soya juga dapat dijadikan alternatif penanganan alergi.

Namun, terdapat penelitian bahwa 30-40% anak alergi susu sapi bukan tidak mungkin terkena alergi soya. Sebaiknya orang tua memastikan terlebih dahulu gejala yang dialami anak, apakah benar-benar mengalami alergi susu sapi. Zaki menekankan, pemberian ASI merupakan pencegahan yang tepat terhadap bayi dengan alergi susu.

Namun untuk ibu menyusui, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar sang anak tidak terkena alergi, seperti susu sapi, telur, kacang tanah, serta jenis makanan laut. Apabila bayi tidak dapat diberi ASI karena beberapa hal, maka bisa diberikan susu formula hipoalergenik seperti NAN HA, Morinaga NL-33, Nutribaby HA, Nutrilon Hypoallergenic, ataupun Enfa HA. Susu formula jenis ini dapat diberikan pada bayi minimal sampai satu . Pasalnya, alergi susu sapi sebagian besar akan berkurang setelah anak berusia 1 .

Di sudah banyak merek susu soya yang kerap dimanfaatkan oleh orang tua untuk anaknya. Harganya beragam sesuai dengan merk dan ukuran. Misalnya merek Nutrilon Nutribaby Royal 2 Soya dengan Rp90 ribuan hingga Rp190 ribu. Merek susu lainnya, yakni S26 juga memproduksi jenis susu yang satu ini.

Susu Soya S-26 Nursoy adalah susu soya yang diproduksi oleh Wyeth, sebuah farmasi yang berasal dari Amerika Serikat. S-26 Nursoy adalah formula bayi bebas protein susu sapi, dibuat dengan isolat protein kedelai. Formula ini diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi bayi dan anak yang alergi terhadap protein susu sapi. Susu soya S-26 Nursoy dijual di pasaran dengan harga Rp100 ribuan untuk kemasan 400gram.

Loading...