Jadi Ajang Talent Search Ikonik, Berapa Harga Tiket Nonton Indonesian Idol?

Harga, tiket, nonton, indonesian, idol, program, peserta, cara, membeli, studio, MNC, undian, kuis, merchandise, kuisPara artis peserta Indonesian Idol 2018 (instagram: @indonesianidolid)

Sejak ditayangkan perdana pada tahun 2004 lalu, Indonesian Idol menjadi ajang pencarian bakat yang ikonik. Ia muncul beberapa waktu setelah ajang serupa yang kala itu tengah populer, yakni Akademi Fantasi Indosiar (AFI). Tayang konsisten setiap tahun, Idol pelan-pelan menggeser acara lainnya.

Memasuki tahun 2010, Indonesian Idol mengurangi frekuensi tayang. Dari yang awalnya tiap tahun menjadi dua tahun sekali. Bahkan, setelah edisi 2014, Idol sempat vakum lama. Apalagi, induknya, American Idol, juga berhenti tayang sejak 2015. Baru akhir tahun lalu Idol dihidupkan lagi, dan langsung sukses besar hingga memasuki tahun 2018 ini.

Babak audisi yang disiarkan pada 19 dan 25 Desember 2017 mencapai rating 3,9. Popularitasnya tak hanya terlihat dari rating, tapi juga di YouTube. -video penampilan tiap peserta yang diunggah kanal Indonesian Idol selalu laris ditonton. ’’Kalau ditotal, jumlah views -video itu sudah mencapai 1 miliar,’’ ungkap Dini Putri, Director of Programming and Acquisition RCTI.

Setiap musim, Indonesian Idol kiranya benar-benar mendapatkan respons positif dari masyarakat Tanah Air. Tak hanya gaduh di dunia maya saja, namun animo besar pun terjadi di dunia nyata. Pada saat ajang ini berlangsung, yakni setiap hari Senin, maka pemandangan di MNC Studios terlihat berbeda. Bahkan beberapa jam sebelum acara dimulai, masyarakat sudah memadati . Tentunya mereka ingin menyaksikan penampilan kontestan favoritnya secara langsung.

Mereka yang memadati studio RCTI di Kebon Jeruk, tidak saja berasal dari Jakarta, tetapi masyarakat dari berbagai daerah. Mereka penasaran melihat kemampuan vokal peserta secara langsung. Namun, tak sedikit penonton di studio yang dipadati para pendukung kontestan. Mereka membawa atribut, seperti slayer dan spanduk. Tidak hanya itu, demi memberi semangat kepada para jagoannya, suara yel-yel dukungan kepada setiap peserta pun selalu terdengar sepanjang acara berlangsung.

Namun, antusiasme penonton tersebut belum membuat RCTI percaya diri menghadirkannya kembali tahun depan. Dini menambahkan, Indonesian Idol 2018 merupakan contoh yang baik. Setelah empat tahun vakum, mereka berhasil menjaring bakat-bakat terbaik lewat hasil pencarian serta persiapan yang panjang dan matang. Tak hanya peserta, tim juri juga harus dicari yang berkualitas dan bisa menghibur.

Selain menjaga mutu, absennya Idol akan memberi kesempatan RCTI memutar talent search yang lain. Stasiun yang berdiri pada 1989 itu telah mengakuisisi beberapa franchise, yakni, X-Factor, The Voice, dan Rising Star. ’’Kami akan memberikan variasi ,’’ ucap Dini.

Hal senada diungkapkan Fabian Dharmawan, GM production RCTI. Menurut dia, RCTI masih memiliki program-program lain yang mengantre ditayangkan. ’’Kita nggak boleh serakah dong. Kalau ada schedule lain, ya biarkan aja dulu tayang,’’ ujar Fabian.

Dia setuju, jika suatu program terlalu sering disiarkan, kebosanan bisa saja muncul. Bukan cuma penonton, juri ajang yang bersangkutan pun bisa jadi jenuh jika jeda waktu program hanya setahun. ’’Kami sendiri dari tim juga butuh waktu untuk audisi yang nggak sebentar,’’ imbuhnya.

Biasanya, untuk bisa menonton live atau secara langsung penampilan peserta Idol di panggung, penonton wajib memiliki tiket. Namun hingga saat ini masih banyak orang, utamanya yang tinggal di luar Jakarta yang penasaran dengan tiket nonton Indonesian Idol.

Menurut informasi, ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan tiket tersebut, seperti mengikuti undian di rcti.tv, mengikuti undian atau kuis di indonesianidol.com, hingga membeli merchandise Idol & RCTI di Koperasi RCTI seharga minimal Rp100 ribu akan mendapatkan 2 tiket. Akan tetapi banyak yang menyebutkan bahwa tiket tersebut cukup terbatas.

Loading...