Izinkan Siswa Gondrong, Berapa Biaya SMA Kolese de Britto Yogyakarta?

Para siswa di SMA Kolese de Britto diperbolehkan berambut gondrong. - tribunnews.com

YOGYAKARTA – Dengan alasan untuk kerapian dan mendidik kedisiplinan siswa, banyak sekolah yang tidak memperbolehkan mereka untuk memiliki rambut gondrong, terutama . Tetapi, ada beberapa sekolah yang mengizinkan siswa mereka untuk berambut gondrong, salah satunya SMA Kolese de Britto. Berlokasi di Yogyakarta, di sekolah ini dipatok Rp1 jutaan.

SMA Kolese de Britto sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu sekolah di Kota Gudeg. Meski dikelola oleh Yayasan Katolik, sekolah yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto No. 161 tersebut juga menerima siswa dengan keyakinan berbeda, seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, hingga Konghucu, yang mengisyaratkan bahwa sekolah tersebut mengedepankan kebhinekaan.

“Pada kenyataannya, di sini memang beragam, ada dari berbagai daerah, ada Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Jujur, kami sangat senang dengan keberagaman sekolah ini,” ujar Romo Pamong SMA Kolese de Britto, Nicolaus Devianto Fajar Trinugroho, SJ, seperti dikutip Kompas. “Dengan beragam, artinya sekolah ini semakin berwarna.”

Selain menerima siswa dari latar belakang yang berbeda, SMA Kolese de Britto juga memperbolehkan murid-murid mereka untuk memelihara rambut hingga panjang alias gondrong. Sekadar , SMA ini memang diperuntukkan khusus laki-laki. Bahkan, pada beberapa hari, terutama hari Sabtu, siswa di SMA Kolese de Britto juga diperbolehkan mengenakan pakaian bebas.

Meski diberikan aturan yang tidak terlalu ketat, tidak lantas membuat siswa di sekolah ini miskin kreativitas atau bandel. Bahkan, banyak dari mereka yang berhasil membuat inovasi di berbagai bidang. Dave misalnya, siswa kelas XI IPS yang pada Maret 2018 lalu berhasil mengubah gagang pel menjadi biola dengan suara yang merdu.

Untuk bisa menempuh pendidikan di sekolah ini, pendaftaran dibuka melalui jalur Reguler dan Prestasi dan hanya via . Setelah lolos tes seleksi, calon siswa wajib membayar biaya ulang sebesar Rp1.000.000. Sementara, untuk biaya sekolah, bervariasi, tergantung kemampuan keuangan orang tua siswa dan hasil wawancara pada saat penerimaan siswa.

Loading...