Isu Brexit Bikin Harga Emas Makin Bersinar

Harga Emas - finroll.comHarga Emas - finroll.com

New York mengalami kenaikan tertinggi setelah anjlok cukup signifikan dalam satu sesi sejak 13 Agustus. Adapun harga untuk pengiriman Juni 2019 naik 3,2 atau 0,2 persen ke level 1.298,50 per ounce. Harga emas menyentuh level tertinggi 1.304,60 per ounce. Pada kuartal I 2019, harga emas naik 1,2 persen. Namun secara mingguan, harga emas telah merosot.

Menurut beberapa ahli, harga emas berpotensi untuk naik dalam beberapa bulan ke depan karena dorongan kekhawatiran perlambatan pertumbuhan dan isu politik seiring upaya Inggris untuk keluar dari wilayah Uni Eropa (Brexit).

Sentimen tersebut diperkirakan akan membayangi harga emas dan diperkirakan menjadi katalis untuk memegang emas. Pada Jumat pekan ini, parlemen menolak kesepakatan Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk ketiga kalinya. Hal ini disebut-sebut meningkatkan kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Brexit dianggap sebagai skenario terburuk untuk aset berisiko, namun menjadi keuntungan untuk harga emas yang bisa memanfaatkan gejolak politik yang ada. “Banyak positif seperti Brexit, dan aksi beli oleh bank sentral pada kuartal ini,” kata Chintan Karnani, Analis Insignia Consultant, seperti dikutip dari laman Marketwatch melalui Liputan6. Ia mengaku optimis dengan pergerakan harga emas ke depannya meski harga emas akan menemui gejolak dalam waktu dekat.

“Meski pun tergelincir dalam jangka pendek, prospek jangka panjang untuk emas dan sektor yang lebih luas tetap konstruktif terutama karena risiko portofolio diimbangi dan dipermanis oleh harga yang didiskon,” imbuh Hakan Kaya, Direktur Neuberger Berman.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk berdasarkan update terakhir hari Jumat (29/3/2019) terpantau turun Rp 5.000 menjadi Rp 660 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun Rp 5.000 ke level Rp 588 per gram. Kemudian di Pegadaian, harga emas cetakan Antam hari ini, Minggu (30/3) terpantau berada di angka Rp 698 ribu per gram, sedangkan untuk cetakan UBS harganya Rp 667 ribu per gram.

Loading...