Investor Asing Kuasai 65 Persen Saham di BEI

lokal akan tetap menjadi minoritas dalam kepemilikan sejumlah emiten yang mencatatkan sahamnya di (BEI). Sebab hingga saat ini, investor asing menguasai sekitar 65 persen saham- saham yang tercatat di lantai bursa Indonesia. Sisanya sekitar 35 persen dimiliki investor lokal.

“Meski kepemilikan turun satu persen dibanding periode sebelumnya, investor asing tetap menjadi pemilik mayoritas saham-saham yang listed di modal Indonesia,” terang Dirut PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Margaret M. Tang mengenai komposisi kepemilikan saham di BEI hingga akhir di Jakarta, kemarin (14/1).

Menurut Margaret, kinerja KSEI sepanjang kuartal IV-2014 tumbuh lebih bagus dibanding periode kuartal III-2014. KSEI mencatat nilai kepemilikan saham oleh investor asing meningkat tipis dari Rp 1.842,79 triliun pada kuartal III menjadi Rp 1.864,97 triliun pada kuartal IV. Peningkatan yang sama juga dicatatkan pada nilai kepemilikan saham oleh investor lokal yang naik Rp 12,67 triliun dari Rp 1.014,08 triliun pada triwulan III-2014 (September 2014) menjadi Rp 1.026,75 triliun pada triwulan IV dengan total kepemilikan saham mencapai 36 persen.

“Lebih dari setengah pemegang efek dari investor lokal berasal dari tipe pemegang efek corporate, yakni mencapai 54 persen. Disusul dengan individu sebesar 16,5 persen,” tuturnya.

bursaefek-IHSGlBerbanding terbalik dengan komposisi kepemilikan saham, porsi kepemilikan korporasi dan investor lokal justru lebih besar. Secara persentase, komposisi kepemilikan saham oleh investor lokal sama dengan periode sebelumnya yakni 91 persen. Dari sisi nilai, jumlahnya meningkat tipis Rp 0,57 triliun.

Seperti halnya kepemilikan obligasi korporasi dan sukuk oleh investor lokal, kepemilikan oleh investor asing persentasenya tidak berubah dari periode sebelumnya yang mencapai sembilan persen. Secara nilai, kepemilikan obligasi korporasi dan sukuk oleh investor asing meningkat dari Rp 19,20 triliun menjadi Rp 21,34 triliun dibandingkan dengan periode sebelumnya. (mna/jay/jpnn)

Loading...