Investasi Syariah yang Aman, Berapa Harga Sukuk Hari Ini?

Harga Sukuk - ekonomi.kompas.comHarga Sukuk - ekonomi.kompas.com

JAKARTA – Dalam konteks syariah, sukuk merupakan alternatif obligasi yang bisa dijadikan instrumen untuk berinvestasi. Selain tergolong yang aman, keabsahan sukuk yang diterbitkan juga diklaim dapat dipertanggungjawabkan secara syariah. Nah, jika Anda ingin berinvestasi, harga sukuk ritel SR-008 hari ini sebesar Rp5 juta, demikian juga harga minimal sukuk negara ritel SR-010.

Menurut Otoritas Keuangan (), sukuk adalah efek syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan yang bernilai sama dan mewakili bagian yang tidak terpisahkan atau tidak terbagi atas aset yang mendasarinya. Secara sederhana, penerbitan sukuk berupa sertifikat kepemilikan dan/atau penyertaan, bukan surat pengakuan utang layaknya obligasi .

“Penerbit sukuk adalah pemerintah Indonesia (melalui penerbit Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN Indonesia) yang disahkan oleh fatwa MUI dengan pengawasan dari Dewan Syariah Nasional,” tulis Finansialku.com. “Karena dijamin oleh pemerintah, risiko gagal bayar sukuk sangat kecil dan pemerintah menjamin imbalan dari Nilai Nominal Sukuk Negara Ritel sampai dengan jatuh tempo.”

Paling baru, pada bulan Februari 2018 kemarin, pemerintah Indonesia kembali mengeluarkan surat utang sukuk ritel seri SR-010 dengan imbalan 5,9 persen per tahun. Surat utang berbasis syariah ini bisa dimiliki dengan nilai terjangkau mulai Rp5 juta. Namun, instrumen ini hanya kepada warga negara Indonesia, yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dan NPWP sebagai syarat pembelian.

“Jika dibandingkan dengan deposito perbankan, keuangan yang sama-sama dijamin pemerintah, sukuk ritel seri SR-010 masih cukup kompetitif,” review Kompas. “Sebagian besar deposito perbankan tenor satu tahun di bawah sukuk ritel seri SR-010. Hanya ada beberapa deposito perbankan (DBS Bank, CIMB Niaga, Commonwealth, Panin, dan ICBC Indonesia) yang menawarkan sekitar 6 persen, atau sedikit di atas sukuk ini.”

Menurut data dari Bank Mandiri, originated amount sukuk ritel seri SR-010 saat ini adalah minimal Rp5 juta, dengan imbalan 5,9 persen dan tanggal jatuh tempo 10 Maret 2021, sedangkan data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) menyebutkan angka Rp8.436.570. Sementara, menurut catatan BCA, minimal pemesanan sukuk negara ritel seri SR-008 sebesar Rp5 juta, dengan tanggal jatuh tempo 10 Maret 2019.

Loading...