Intip Harga Dodge Challenger 1970, Muscle Car Populer Buatan AS

Dodge Challenger 1970 - www.carthrottle.comDodge Challenger 1970 - www.carthrottle.com

Jika buatan Eropa lebih berkesan mewah dan eksklusif, maka roda empat AS terkenal akan gayanya yang macho dan bertenaga. Ada banyak mobil muscle yang telah dirilis Negeri Paman Sam, salah satunya Dodge Challenger yang pertama kali diluncurkan tahun 1970 silam. Saat ini, bekas kendaraan keren tersebut dengan yang dijamin bisa membuat kantong Anda kosong.

“Dodge Challenger adalah nama mobil dari tiga generasi yang berbeda yang diproduksi oleh Dodge,” demikian tulis situs Wikipedia. “ yang dirilis tahun 1970 sampai dengan 1974 merupakan mobil generasi pertama yang dibangun berdasarkan platform Chrysler E, sedangkan generasi kedua meluncur tahun 1978 sampai dengan 1983, dan generasi ketiga dipasarkan pada awal 2008 sebagai saingan Ford Mustang.”

Untuk generasi pertama, Dodge memperkenalkan Challenger pada musim gugur 1969. Mobil ini adalah satu dari dua mobil yang mengusung platform Chrysler E, selain Barracuda Plymouth yang sedikit lebih kecil. Diposisikan untuk bersaing dengan Merkurius Cougar dan Pontiac Firebird, sebenarnya kendaraan ini merupakan respons yang agak terlambat terhadap gelombang Ford Mustang telah dimulai lebih dari setengah dekade sebelumnya.

Jarak kemudi Challenger yang lebih panjang, dimensi yang lebih besar, dan yang lebih mewah bertujuan menyasar kalangan muda AS yang bergelimang harta. Dengan model 1971 menjadi satu-satunya pengecualian, ujung depan Challenger memiliki empat lampu depan, sedangkan Barracuda hanya memiliki dua. Desain eksterior sendiri dirancang oleh Carl Cameron, yang juga mendesain bodi Dodge Charger.

Di bagian jantung pacu, Dodge Challenger generasi pertama hadir dalam beberapa pilihan mesin, yaitu berkapasitas 3,24 liter, 3,69 liter, 5,21 liter, 5,6 liter, 5,9 liter, 6,28 liter, 6,98 liter, dan 7,2 liter. Sistem penggerak menggunakan transmisi manual tiga percepatan atau empat percepatan, selain tersedia versi tiga percepatan otomatis.

Di Indonesia, agak sulit menemukan kendaraan Dodge Challenger, karena produk mobil muscle asal AS memang jarang beredar di Tanah Air. Tetapi, jika Anda rajin menelusuri situs jual beli luar negeri, seperti eBay, Anda bisa menemukan beberapa pemilik yang menjual kendaraan mereka dengan harga sekitar 13.000 dolar AS sampai 160.000 dolar AS, tergantung kondisi barang.

Loading...