Ini Deretan Universitas Swasta Terbaik di Bandung Tahun 2018 Versi 4ICU

Universitas Islam Bandung - mapio.netUniversitas Islam Bandung - mapio.net

Indonesia rupanya memiliki banyak yang hingga kini telah mencetak lulusan-lulusan yang profesional dan ahli di bidangnya. Berkuliah di swasta pun saat ini telah banyak dijadikan oleh masyarakat Indonesia karena ada beberapa yang menawarkan dan kelas khusus karyawan. Di Kota Bandung sendiri terdapat beberapa terbaik yang namanya cukup diperhitungkan.

Berdasarkan hasil pemeringkatan dari 4ICU, Top Universities in Indonesia 2018, terdapat beberapa universitas swasta terbaik di Bandung, antara lain Universitas Telkom, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Widyatama, Universitas Pasundan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Islam Bandung, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Nurtanio, Universitas Advent Indonesia, Universitas Islam Nusantara, hingga Universitas Langlangbuana.

Menempuh di tingkat perguruan tinggi sendiri bukan menjadi hal yang sulit bagi masyarakat Indonesia karena untuk tahun 2018 ini pemerintah menambah kuota beasiswa Bidikmasi menjadi 90.000. Beasiswa Bidikmisi menyasar siswa berprestasi lulusan SMA dan sederajat dari keluarga kurang mampu supaya dapat melanjutkan studinya ke perguruan tinggi (PT).

Bidikmisi untuk penerima baru dan yang sudah berjalan untuk tahun 2018 ini mencapai Rp 3,76 triliun. “Kuota Bidikmisi tahun ini 90.000. Living cost -nya tidak berubah masih Rp650.000 per bulan untuk setiap mahasiswa,” tutur Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti), Intan Amad di Jakarta, seperti dilansir Sindo.

Adapun besaran biaya beasiswa Bidikmisi mencapai Rp 6,3 juta untuk mahasiswa per semester, meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup. Hingga kini total penerima Bidikmisi telah mencapai sekitar 340.000 orang dengan pelamar setiap tahun sebanyak 500.000 orang. Jika beberapa tahun lalu Bidikmisi hanya ditujukan bagi perguruan tinggi negeri (PTN), saat ini Bidikmisi juga sudah dapat dinikmati mahasiswa PTS.

“Alhamdulillah sekarang sudah bertambah jumlah beasiswa Bidikmisi buat mahasiswa PTS,” ungkap Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Budi Djatmiko. Meski demikian, Budi menjelaskan jika penerima beasiswa Bidikmisi di PTS relatif lebih rendah dibandingkan PTN.

Loading...