Ingin Urus Warisan? Ini Biaya Pembuatan Akta Waris di Notaris

Pembuatan Akta Waris di Notaris - axerosolutions.comPembuatan Akta Waris di Notaris - axerosolutions.com

Akta waris adalah sebuah akta yang dibutuhkan untuk melengkapi administratif untuk keperluan tertentu seperti melakukan ke dan pengambilan uang atau barang yang masih beratasnamakan orang yang telah meninggal dunia. yang dibutuhkan untuk pembuatan akta waris di notaris sendiri bisa bervariasi, tergantung yang dikeluarkan.

Dokumen semacam ini biasanya dibutuhkan untuk balik nama atau hasil warisan. Dalam proses balik nama diharuskan untuk mencantumkan semua nama ahli waris. “Termasuk seluruh nama anak kandung dan istri. Itu akan tercantum dalam satu sertifikat nantinya. Namun bila (mohon maaf) tidak ada anak, ya bisa langsung dibalik atas nama istri,” kata notaris Karlita Rubianti, SH, seperti dilansir .

Sebelum melakukan pendaftaran Surat Keterangan Hak Waris (SKHW), pemohon harus melengkapi berkas-berkas seperti fotokopi KTP dan KK seluruh ahli waris, fotokopi surat nikah orang tua yang memberikan hak waris, serta surat kematian sang pemberi hak waris dari kelurahan. Kemudian surat keterangan waris dan surat pengantar akan dibuat di RT dan RW. Surat pengantar yang ditempeli meterai 6.000 nantinya ditandatangani oleh seluruh ahli waris.

Setelah itu proses dilanjutkan dengan mengajukan permohonan di Kantor Kelurahan agar bisa mendapatkan Fatwa Waris. Berdasarkan Pasal 90 Ayat 1 Undang-Undang (UU) Peradilan Agama, biaya yang dibutuhkan mencakup biaya untuk saksi ahli, saksi, dan penerjemah, kemudian biaya pengambilan sumpah dalam perkara tersebut, biaya kepaniteraan dan biaya materai, biaya pemberitahuan dan lain-lain, serta biaya yang dibutuhkan dalam melakukan pemeriksaan setempat.

Untuk melakukan pengesahan akta waris berupa surat pernyataan waris dan surat keterangan ahli waris melalui notaris, biasanya pemohon akan dikenai biaya sebesar Rp 100 ribu per surat. Apabila terdapat 2 surat, maka biaya yang dikeluarkan pun menjadi Rp 200 ribu. Akan tetapi besarnya biaya tersebut sifatnya tidak mengikat dan bisa berbeda-beda antara satu notaris dengan yang lain. Untuk mengetahui besaran biaya yang lebih pasti, pemohon bisa langsung menanyakannya pada notaris setempat.

Loading...