Ingin Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi? Biayanya Mulai Rp100 Ribuan

Pasang Gigi Palsu - www.dynamikhgynaika.grPasang Gigi Palsu - www.dynamikhgynaika.gr

Memasang gigi palsu menjadi salah satu alternatif yang banyak dilakukan mereka yang harus menerima kenyataan giginya rontok, entah karena faktor usia maupun faktor atau kesehatan. Nah, untuk memasang gigi palsu ini, sekarang sudah banyak tukang gigi yang bisa dijumpai di berbagai tempat dengan bervariasi, mulai Rp100 ribuan sampai Rp500 ribuan per gigi, tergantung bahan dan gigi palsu yang akan dipasang.

Praktik tukang gigi atau ahli gigi ini sebenarnya sempat dilarang oleh Kesehatan. Namun kenyataannya, profesi ini masih tetap eksis di Indonesia hingga sekarang. Bahkan, tidak hanya menawarkan pembuatan dan pemasangan gigi palsu, banyak di antara mereka yang membuka praktik menambal dan mencabut gigi, hingga pemasangan kawat gigi yang sebenarnya dilarang.

“Meski di tempat saya terdapat kursi seperti di gigi, namun saya hanya memasang dan membuat gigi palsu saja,” kata Jazuli Idris, salah satu tukang gigi yang beroperasi di Condet, Jakarta Timur. “Awalnya, saya berkeliling menawarkan pembuatan gigi palsu dengan membawa peralatan yang lumayan berat.”

Ketika itu, pria yang juga menjabat Ketua Serikat Tukang Gigi Indonesia wilayah DKI Jakarta tersebut menawarkan jasa pembuatan dan pemasangan gigi palsu dengan biaya mulai Rp2.500 sampai dengan Rp3.000 per gigi. Pasalnya, alat saat itu masih belum canggih, berbeda dengan sekarang. “Saat ini, pemasangan gigi palsu bergantung dari bahan dan kualitas gigi yang diinginkan , mulai Rp100 ribuan, Rp200 ribuan, hingga Rp500 ribuan per gigi untuk yang paling bagus,” sambung Idris.

Meski sudah banyak tukang gigi yang menawarkan jasa ini, namun masyarakat yang ingin memasang gigi palsu harus memperhatikan dan melakukan beberapa hal. Salah satunya, ketika menggunakan gigi palsu lepas-pasang, pengguna harus membuka gigi tersebut setidaknya satu hari dalam sehari, yang bertujuan agar gusi dan mulut dapat ‘bernapas’.

“Hal tersebut juga dilakukan untuk menghindari gigi tertelan kalau ada bagian yang kecil,” jelas drg. Diatri Nari Ratih, MKes hD SpKG (K). “Ketika gigi palsu dilepas, sebaiknya juga dimasukkan ke dalam gelas berisi air mineral. Selanjutnya, sebelum digunakan kembali, gigi palsu terlebih dahulu digosok agar lebih bersih saat digunakan di dalam mulut.”

Loading...