Ingin Pasang AC di Mobil? Ini Kisaran Biaya Pemasangannya

AC Mobil - www.halomoney.co.idAC Mobil - www.halomoney.co.id

yang dilengkapi pendingin udara alias air conditioner (AC) memang bisa meningkatkan kenyamanan secara drastis, terutama bagi para yang kerap bepergian jarak jauh dan tinggal di perkotaan. -mobil keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan AC standar yang cukup dingin dan nyaman untuk dioperasikan. Lalu bagaimana dengan kendaraan lawas yang AC-nya sudah tidak dingin? Beberapa orang ada yang memutuskan melakukan , namun ada pula yang memasang AC benar-benar baru di mobilnya. Lantas berapa pasang AC untuk mobil saat ini?

Terdapat beberapa alternatif AC yang dapat digunakan di mobil, misalnya saja AC double blower. Biaya pasang AC double blower dengan produk Thailand biasanya berkisar antara Rp 2,5-3 jutaan, sedangkan yang setingkat di atasnya, yakni ND biasanya dipatok lebih mahal, yaitu sekitar Rp 4,5-5 jutaan. Meski sama-sama bagus, rupanya perbedaan hanya pada material saja.

Sedangkan untuk pemasangan AC mobil yang benar-benar baru keseluruhan berkisar Rp 4 juta (spek kompresor Sanden KW), Rp 5 jutaan (spec kompresor Sanden asli), dan Denso sekitar Rp 9 jutaan (spek original). tersebut masih belum termasuk pengisian freon sekitar Rp 150 ribuan untuk single blower dan Rp 175 ribuan untuk double blower.

Jika dirasa terlalu mahal, biasanya beberapa orang akan memilih mengganti AC mobil dengan AC copotan atau bekas (second). Harga AC seken ini pun relatif , yakni antara Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan, tergantung kondisi barang dan pembeliannya. Lalu bagaimana dengan parts atau suku cadang AC yang KW? Amankah untuk digunakan?

Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil (Coolkars), Susanto menuturkan bahwa pemakaian suku cadang palsu atau imitasi untuk komponen pendingin mobil sebenarnya tak disarankan. “Soalnya, kalau yang imitasi pasti kualitasnya kurang baik. Meski harga yang ditawarkan lebih murah, tapi akan ada pengaruhnya ke umur pemakaian. Sehingga, jelas kinerja sistem AC akan menurun,” jelas Susanto seperti dilansir Viva.

Meski begitu, pemakaian parts KW pada dasarnya tak dilarang, selama bukan bagian kompresor AC. “Kalau bagian luar diganti, misalkan seperti blower, itu tidak apa-apa, tidak bahaya. Tapi, kalau sudah bagian dalamnya, tentu membuat tidak awet. Efeknya, cepat rusak dan berbunyi,” tandasnya.

Loading...