Ingin Melamar Kerja atau Daftar CPNS? Ini Biaya Bikin SKCK dan Kartu Kuning

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) - www.sepulsa.comSurat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) - www.sepulsa.com

Menjelang atau seleksi calon negeri sipil (CPNS), biasanya pengajuan Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau yang dulu dikenal dengan istilah Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dan Kartu Kuning pencari kerja akan meningkat. Pasalnya, beberapa instansi pemerintahan ada yang memasukkan berupa SKCK dan Kartu Kuning untuk para pelamar yang berminat untuk mendaftar. Lalu berapa sebenarnya bikin SKCK dan kartu kuning saat ini?

Untuk membuat SKCK, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, mulai dari fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Akta Lahir, pasfoto dengan latar belakang merah 4×6 sebanyak 6 lembar, dan pas ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar. Jika keperluannya untuk melamar pekerjaan atau kelengkapan administrasi PNS/CPNS, maka pembuatan SKCK dilakukan di Polres (bukan di Polsek) pada jam pelayanan Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB atau Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya membuat SKCK yang masa berlakunya selama 6 bulan ini adalah Rp 30 ribu, sedangkan untuk warga negara asing (WNA) dikenai biaya Rp 60 ribu.

Menurut Brigadir Deni Yuditanto Pembantu Benma di Polres Mempawah, pembuatan SKCK sangat mudah dan cepat. “Tergantung pemohon untuk cepat atau lambatnya, Kalau seluruh persyaratan telah lengkap dan para pemohon mengisi formulirnya cepat juga, paling cepat 10 menit sudah jadi,” kata Deni, seperti dilansir Tribunnews.

Kemudian untuk Kartu Kuning atau yang juga disebut dengan surat AK-1 (Antar Kerja 1) dapat dibuat di Disnaker dengan melampirkan beberapa berkas persyaratan seperti fotokopi ijazah terakhir, 1 lembar fotokopi e-KTP, dan pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar. Pengajuannya dapat dilakukan dengan mendatangi loket Kartu Kuning yang ada di Disnaker.

Yang lebih menarik lagi, proses pengurusan kartu kuning kabarnya terbilang cepat karena dapat ditunggu dan bisa langsung jadi. Pembuatan kartu kuning juga tidak dipungut biaya, alias gratis. Kartu kuning berlaku selama 2 tahun sejak diterbitkan.

Loading...