Ingin Hafal Al Quran? Ini Pesantren Tahfidz Quran untuk Usia Dewasa

Pondok Pesantren Al Khoirot Malang - www.alkhoirot.com

Bisa menghafalkan Al Quran menjadi salah satu impian banyak umat di dunia. Umumnya, belajar menghafalkan kitab suci ini dilakukan sejak usia dini atau -anak. Namun, bagi mereka yang telah beranjak , tidak menutup kemungkinan untuk belajar menghafalkan Al Quran. Pasalnya, sudah banyak pesantren tahfidz Al Quran yang menerima santri berusia .

Salah satu lembaga yang membuka santri usia dewasa adalah Al-Khoirot yang berlokasi di . Bagi mereka yang hendak belajar di pesantren ini, wajib membayar biaya sebesar Rp700.000, plus biaya bulanan sebesar Rp60.000, biaya makan mulai dari Rp200.000, dan biaya laundry sebesar Rp3.500 per kilo (bagi yang tidak mencuci sendiri).

untuk santri dewasa meliputi membaca Al Quran metode Usmani, membaca Al Quran metode PIQ, bimbingan ibadah, mengikuti pengajian, tahfidz Al Quran, hingga bahasa Arab ,” tulis pesantren dalam situs resminya. “Karena sifatnya khusus dan tidak terikat dengan pendidikan formal, maka pendaftaran santri dewasa terbuka sepanjang tahun.”

Pesantren lainnya yang menyediakan program tahfidz Al Quran untuk usia dewasa adalah Pesantren Irhamna bil-quran yang berlokasi di Pandeglang. Untuk tahun akademik 2018/2019, pesantren ini membuka pendaftaran santri baru untuk Program Tahfidz Khusus Super Dahsyat 6 Bulan dan Tahfidz Mahasantri Intensif Satu Tahun.

Jika berminat mendaftar di pesantren ini, calon santri wajib menyiapkan dana untuk membayar biaya sebesar Rp300.000. Setelah lulus tes masuk (baca tulis Al Quran, psikotes, pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan Matematika), santri akan dikenakan uang bulanan sebesar Rp950.000, dengan uang pangkal Rp4.500.000 dan uang infak sebesar Rp4.500.000.

Opsi lainnya adalah Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an yang terletak di Kajeksan, Kudus, Jawa Tengah. Berada di bawah naungan Yayasan Arwaniyah, lembaga pesantren salaf ini menitikberatkan pada pengajaran Al Quran, yaitu meliputi tahsin (pembenaran bacaan), tahfidz (hafalan), dan qiro’ah sab’ah. Untuk bisa belajar di tempat ini, perlu membayar biaya registrasi sebesar Rp150.000 dan uang pendidikan total Rp3.570.000.

Loading...