Ingin Ganti V-belt Honda BeAT Injeksi? Harganya Rp135 Ribuan

Harga Ganti V-belt Honda BeAT Injeksi

Pengguna sepeda jenis matik, seperti BeAT injeksi, pasti sudah tidak asing lagi dengan V-belt. Ini merupakan yang berfungsi meneruskan putaran pulley bagian depan (engine) menuju pulley belakang (roda). Nah, jika Honda BeAT Anda terasa bergetar saat sedang berjalan, mungkin V-belt tersebut sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru dengan berkisar Rp135 ribuan hingga Rp145 ribuan untuk orisinal.

Posisi V-belt memang berada di balik cover CVT, jadi tidak langsung terlihat oleh mata, berbeda dengan rantai pada motor manual. Karena tidak terlihat, jadi pemilik harus rajin memeriksanya untuk mengetahui kondisi V-belt. “V-belt harus sering dicek, apalagi bila motor sudah terasa tidak enak ketika dikendarai,” papar mekanik Bengkel 3 Putra, Jakarta bernama Doddy.

“Saat memeriksa V-belt, perhatikan lekukan berbentuk huruf ‘V’. Jika kelihatan retak atau belt sudah longgar, maka disarankan untuk segera diganti,” sambung Doddy. “Masa pakai V-belt sendiri tidak hanya berdasarkan kilometer yang ditempuh, melainkan juga beban . Secara ideal, enam bulan sekali atau setiap 1.000 kilometer harus dicek.”

Tanda-tanda V-belt harus diganti biasanya motor menimbulkan getaran ketika sedang berjalan. Bahkan, jika sudah parah, tarikan laju motor terasa berat. Hal ini disebabkan V-belt sudah rusak bahkan hampir putus. Bila pemakaian sudah melewati batas maksimum, biasanya V-belt akan mengalami retak-retak yang mengakibatkan getaran berlebih. Dan, bila tetap dipaksakan, maka V-belt tidak menutup kemungkinan akan putus sehingga motor tidak bisa digunakan.

Khusus untuk skuter Honda BeAT, bila melihat buku panduan yang ada, batas maksimum pemakaian V-belt pada motor tersebut adalah 24 ribu kilometer. Jika Anda ingin menggantinya secara mandiri, harga V-belt untuk Honda BeAt injeksi keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) saat ini dijual di kisaran Rp135.000 hingga Rp145.000, sedangkan untuk karburator harganya sekitar Rp118.000.

Loading...