Ingin Ganti Fuel Pump Yamaha Mio J? Harganya Rp513 Ribuan

Harga Ganti Fuel Pump Yamaha Mio J

dengan sistem bakar injeksi memang makin di Indonesia. Salah satu sepeda yang telah menerapkan teknologi ini adalah Mio J keluaran . Namun, layaknya injeksi lainnya, Mio J pun tidak luput dari berbagai macam masalah, salah satunya adalah di bagian fuel pump. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, terkadang dibutuhkan penggantian fuel pump yang saat ini harganya berkisar Rp500 ribuan untuk orisinal.

“Selama saya menjadi mekanik, masalah yang sering dikeluhkan motor injeksi adalah pada bagian aki yang terlalu cepat habis,” papar Faisal, mekanik Yamaha Dimas Motor, Depok. “Selain aki, masalah lainnya pada skuter buatan Yamaha adalah fuel pump, yang biasanya mengalami penyumbatan, karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai.”

Fuel pump sendiri memiliki fungsi untuk memompa sejumlah bahan bakar dari tangki ke injector, dan selanjutnya menyemprotkannya ke ruang bakar berdasarkan sinyal dari ECU. Jika penggunaan bahak bakar tidak sesuai (kadar oktannya), yang bisa ditandai dengan banyaknya kotoran, maka kotoran tersebut akan menyumbat dan akhirnya menyemprot lebih sedikit.

“Untuk mengatasi masalah ini, cara minimal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan fuel pump, yaitu fuel pump dan tangki bensin dikuras biar bersih, dengan biaya sekitar Rp45 ribu,” sambung Faisal. “Di samping itu, pemilik kendaraan matik injeksi keluaran Yamaha juga disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan minimal 92 karena lebih bersih.”

Jika kerusakan fuel pump tergolong parah, pemilik kendaraan disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Saat ini, dealer resmi Yamaha telah menjamin ketersediaan spare part guna memenuhi konsumen untuk menjaga performa motor, salah satunya fuel pump ini. Untuk produk asli, fuel pump Yamaha Mio J, dan juga Mio GT, saat ini ditawarkan dengan mulai Rp513 ribuan sampai dengan Rp545 ribuan.

Loading...