Ingin Coba Berbisnis? Ini Macam-Macam Usaha yang Cocok untuk Pemula

Bisnis Pemula - www.mhailviduka.asiaBisnis Pemula - www.mhailviduka.asia

Meski sebagian besar anak muda masih mengandalkan uang pemberian orang tua, nyatanya banyak di antara mereka yang ingin memulai berbisnis dan menghasilkan uang sendiri demi memenuhi kebutuhannya. Namun sebelum memutuskan untuk memulai sebuah usaha, ternyata ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, misalnya saja menentukan bisnis yang cocok untuk pemula.

Jenis bisnis yang akan digeluti tentunya tak bisa dipilih secara sembarangan, sebab ini berkaitan dengan dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk membangunnya. “Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan minat, potensi, hasrat dan sumber daya yang Anda miliki saat ini. Jenis usaha dari yang terkecil, mudah dan dengan yang sesuai Anda miliki saat ini dan yang bisa diinovasikan dan ditambah dengan ide kreatif Anda,” kata Iim Rusyamsi, Wakil Ketua Komtap Akses dan Pelatihan UMKM Kadin Indonesia Bidang UMKM, Koperasi, dan Kreatif, seperti dikutip Detik.

“Jika sudah menentukan mulailah aksi dengan membuat perencanaan yang baik untuk memulai dan menjalankannya secara berkelanjutan. Carilah mentor usaha, seorang yang berpengalaman dalam dunia usaha yang bisa mendampingi dan mengarahkan Anda untuk memulai dan menjalankan usaha,” imbuhnya.

Ada banyak sekali ide usaha menjanjikan yang cocok untuk pemula. Dari yang paling sederhana adalah dengan berjualan . Banyak sekali marketplace alias beli () yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berdagang secara gratis. Berjualan juga tak harus memiliki stok barang sendiri di rumah, sebab ada juga sistem dropship yang memungkinkan seseorang untuk menjual barang milik pedagang lain (supplier) di situs jual beli. Selain minim modal, bisnis shop sebagai dropshipper juga relatif menguntungkan.

Tak hanya jualan online, masih banyak bisnis lainnya yang juga bisa dipraktikkan oleh pemula. Misalnya saja berjualan pulsa di kampus, kantor, atau melayani tetangga sekitar. Kemudian berjualan makanan atau minuman, bisnis les privat, jasa pembuatan , menjual pakaian, dan masih banyak lagi.

Loading...