Ingin Batalkan Penerbangan? Ini Ketentuan Refund & Biaya Pembatalan Tiket Pesawat Citilink

Ilustrasi : Miniatur Pesawat Citilink - caracek.pro

Memasuki musim seperti ini, masyarakat memiliki kebebasan untuk memilih moda apa yang dikehendaki. Dari beberapa pilihan yang ada, pesawat masih menjadi moda yang disukai untuk bepergian jarak jauh. Terlebih karena saat ini sudah ada sejumlah maskapai berbiaya murah alias low cost carrier (LCC) seperti .

Maskapai yang masih satu grup dengan Garuda Indonesia ini juga menerapkan kebijakan refund atau pengembalian dana yang mengajukan pembatalan tiket pesawat. Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang disahkan sejak November 2015.

Dengan adanya aturan tersebut, pihak maskapai wajib mengembalikan uang calon penumpang yang membatalkan . Namun ada sederet ketentuan yang tertulis dalam peraturan tersebut. Berapakah kira-kira pembatalan tiket pesawat Citilink?

Penumpang yang melakukan pembatalan tiket di atas 72 jam (sebelum jadwal keberangkatan), maka akan memperoleh pengembalian dana paling sedikit sebesar 75% dari tarif dasar. Kemudian pembatalan di bawah 72 jam sampai 48 jam refund-nya paling sedikit 50% dari tarif dasar. Ketiga, pembatalan di bawah 48 jam sampai 24 jam pengembaliannya sebesar 40% dari tarif dasar. Keempat, pembatalan di bawah 24 jam sampai 12 jam memperoleh pengembalian setidaknya 30% dari tarif dasar.

Lalu untuk pembatalan di bawah 12 jam sampai 4 jam maka pengembaliannya 20% dari tarif dasar, serta untuk pembatalan di bawah 4 jam akan mendapat pengembalian paling sedikit 10% dari tarif dasar dan/atau sesuai kebijakan badan usaha angkutan udara niaga berjadwal. Lain lagi dengan kondisi force majeure, penumpang bisa mengajukan refund sebesar harga tiket yang telah dibeli, alias 100%.

Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan Muzaffar Ismail menjelaskan, aturan itu berlaku dengan ketentuan pemotongan biaya administrasi masing-masing sebesar 20% untuk penerbangan dengan layanan full service, 15% untuk penerbangan medium service, dan 10% untuk penerbangan no-frills.

“Jangka waktu pengembalian adalah wajib selambat-lambatnya 15 hari kerja sejak pengajuan untuk pembelian tiket secara tunai, dan 30 hari kerja sejak pengajuan untuk pembelian tiket dengan kartu kredit atau debit. Baik kelas ekonomi, bisnis, maupun dengan harga promo atau normal semuanya tetap harus mendapatkan refund,” ucap Muzaffar, seperti dilansir Tempo.

Tata cara refund tiket pesawat Citilink cukup mudah, calon penumpang dapat mengajukan refund lewat travel agent, kantor penjualan Citilink, atau melalui call center. Ketika mengajukan pembatalan tiket, sertakan kode dan/atau nomor tiket serta bukti kartu identitas.

Loading...