Industri Kaos Kreatif Kian Menanjak, Ini Bahan dan Harga Kain Kaos per Meter

Harga, kain, kaos, per, meter, kilo, roll, kiloan, cotton, combed, dijual, di, pasaran, jenis, katun, polyester, PE, viscoce, kain hyget, cotton slub, cotton tri-blend, cotton bamboo, cotton supima, polo, carded, teteron cotton, bisnis, usaha, sablon, konveksi, 30’s, kaum, milenialT-shirt/kaos (sumber: lumaprints.com)

Usaha sablon dan saat ini menjadi salah satu usaha yang mampu menggerakkan rakyat. Usaha ini bisa dibilang menjadi salah satu usaha yang dapat digeluti kaum milenial untuk mulai berbisnis.

Menurut Sardi, salah seorang owner Quas Sablon, di Kota Medan sendiri pasar untuk usaha sablon besar, dan pemainnya sudah banyak. Tidak hanya itu, hasil sablon para pemainnya juga tidak sembarangan dan bagus-bagus. “Nah, masalahnya, di Medan banyak tukang sablon setelah sharing-sharing sesama pelaku, yang jadi masalah adalah susahnya menjaga karyawan,” ucapnya.

Sardi menilai, meski usaha pasar sablon di Medan besar, minimnya konveksi di Medan serta sangat jarangnya penjual bahan baku seperti combed, membuat usaha sablon di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kurang dilirik.

“Kalaupun ada, bisa jadi jatuhnya lebih mahal jualnya dibandingkan beli di Bandung. Selain Medan, pemain dari kota tetangga seperti Aceh dan Padang juga sudah mulai banyak pemainnya. Karena pasar sablon ini memang besar,” terangnya.

Nah, apakah Anda sedang mengenakan kaos saat ini? Jika Anda menjawab ya, tahukah bahan apa dari kaos yang Anda kenakan? Tidak semua orang tentunya bisa menjawab pertanyaan ini. Kenapa demikian? Karena mungkin banyak orang bisa saja menganggap bahwa -jenis bahan kaos yang Anda gunakan tidak terlalu penting, yang penting saat Anda mengenakan kaos, Anda merasa nyaman dan cocok dengan diri Anda.

Hal tersebut bisa saja benar, tapi bisa juga salah, karena jenis-jenis bahan kaos secara tidak langsung akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat mengenakannya. Ada kalanya kaos yang Anda kenakan memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan kepribadian Anda, tapi bagaimana jika ternyata tidak nyaman saat dikenakan? Tentu Anda akan merasa risih dan kecewa juga, hingga akhirnya kaos yang Anda punya tersebut tidak lagi Anda pakai.

Nyatanya, kain pada kaos itu berbeda-beda tergantung dari mana produksinya. Mungkin kita merasa berbeda saat mengenakan kaos distro dibandingkan kaos pasar, baik dari kualitas, kenyamanan dan dari sisi harga. Pada umumnya setiap bahan kaos yang diproduksi konveksi pasti berbeda, menyesuaikan harga yang sesuai dengan permintaan konsumen mereka.

Jenis-jenis bahan kaos yang populer dan biasa digunakan untuk kaos, di antaranya kain cotton atau (cotton combed dan carded), kain teteron cotton, kain viscose, kain polyester & PE, kain hyget, cotton slub, cotton tri-blend, cotton bamboo, cotton supima, dan kain polo.

Nah, jenis-jenis kain kaos tersebut dijual di pasaran dengan harga yang beragam dan dalam per meter, per roll, dan perkilo (kiloan). Misalnya saja kain cotton combed 30’s dijual Rp32 ribuan per meter atau sekitar Rp60 ribuan .

Loading...