Imbal Treasury AS Turun, Rupiah Menghijau di Rabu Sore

Rupiah - mediaindonesia.comRupiah - mediaindonesia.com

mampu mempertahankan posisi di zona hijau pada Rabu (10/10) sore, memanfaatkan pelemahan yang dialami AS setelah imbal hasil Treasury 10 tahun terpantau sedikit turun. Menurut Index pukul 15.58 WIB, Garuda menguat 38 poin atau 0,26% ke level Rp15.200 per dolar AS.

Sementara itu, Bank Indonesia siang tadi menetapkan tengah berada di posisi Rp15.215 per dolar AS, mengalami kenaikan sebesar 18 poin atau 0,12% dari perdagangan sebelumnya di level Rp15.233 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas mata uang mengungguli greenback, dengan apresiasi tertinggi sebesar 0,23% dialami baht Thailand.

Dari global, indeks dolar AS memang terpantau bergerak lebih rendah pada hari Rabu, sedangkan mata uang euro menguat imbas harapan Inggris dan Uni Eropa yang kemungkinan mendekati kesepakatan mengenai Brexit. Mata uang Paman Sam melemah 0,087 poin atau 0,09% ke level 95,581 pada pukul 11.10 WIB, setelah kemarin sudah berakhir terdepresiasi 0,093 poin atau 0,1%.

Seperti diberitakan Reuters, reli dolar AS untuk sementara berhenti sejenak, meski kekhawatiran masih membayangi , termasuk mengenai perang perdagangan antara AS dan China serta rencana anggaran Italia. Pasalnya, imbal hasil Treasury AS terpantau melemah tipis ke 3,21% pada hari Rabu, setelah semalam sempat mencapai puncak tujuh tahun di 3,261%.

“Kenaikan imbal hasil AS telah jelas memberikan dukungan untuk pergerakan dolar AS,” tutur ahli strategi mata uang senior di Daiwa Securities di Tokyo, Yukio Ishizuki. “Pada jangka pendek, investor mungkin menjual dolar AS, tetapi saya perkiraan itu tidak akan berjalan lama. Dolar AS akan bergerak menguat lagi.”

Di Benua Biru, mata uang tunggal, euro, bergerak menguat menyusul laporan Dow Jones Newswires yang mengatakan bahwa kesepakatan persyaratan bagi Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dapat dicapai pada hari Senin. Laporan tersebut menyebutkan bahwa Inggris dan Uni Eropa telah mempersempit perbedaan mereka seputar perbatasan Irlandia, meski ada beberapa masalah yang belum diselesaikan.

Loading...