Identik Dengan Wisata Pemandian Air Panas, Harga Kamar Rendam Cipanas Garut Mulai Rp40 Ribuan

Harga, kamar, rendam, Cipanas, Garut, wisata, wisatawan, pemandian, air, panas, Banyu Alam, Sumber Alam, menginap, penginapan, fasilitas, tipe, Bungalow, Junior Suite, Suite, musim, liburan, rate, kunjungan, weekday, weekend, umum, ruangan, kamar mandi, resor, resort, hotel, tamu, anak, dewasaBanyu Alam Hotel & Resort di Cipanas, Garut (sumber: digarut.com)

Berlibur di Kabupaten , tentunya jangan lewatkan tempat-tempat legendaris yang kini mulai terlupakan. Tempat-tempat ini cocok untuk menenangkan pikiran dan berakhir pekan. Salah satu tempat yang cukup legendaris adalah Cipanas. Meskipun kini tak banyak dikunjungi wisatawan karena banyak objek baru, namun objek ini tetap bisa jadi andalan wisatawan menghabiskan akhir pekan.

Objek wisata ini terletak di Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler. Ditempuh sekitar 45 menit dari perbatasan Garut dengan Bandung. Cipanas Garut sangat identik dengan pemandian panas. Ada banyak penginapan di sepanjang Jalan Cipanas. Sebagian besar penginapan menawarkan hal yang sama yaitu berendam di panas. Meskipun ada pula hotel-hotel standar tanpa pemandian panas.

Pemandian air panas yang dimaksud tidak hanya sekadar shower di kamar yang mengucurkan air panas. Air panas ini mengandung belerang, layaknya pemandian air panas di pegunungan.

Salah satu penginapan yang menyediakan kamar rendam air panas adalah Banyu Alam dan Sumber Alam. Nama-nama pemandian air panas di Cipanas begitu mirip, sehingga wisatawan kadang tak bisa membedakan resor satu dengan yang lainnya. Nah, jika bujet Anda tipis, bisa pilih Banyu Alam Resort-Hotel.

Saat melangkah masuk ke dalam, lobi hotel belum memberi kesan. Tetapi saat melangkah keluar lobi menuju kamar, barulah kesan resor terasa. Di tengah-tengah terdapat danau kecil, sementara di tepi-tepi adalah rumah panggung dari bambu.

Rangka rumah sebagian berada di atas danau. Setiap rumah ini adalah kamar-kamar yang ditempati tamu. Nuansa khas pedesaan makin terasa saat masuk ke dalam kamar. Dinding dan langit-langit dari anyaman bambu. Sementara lantai dari kayu.

Setiap kamar terdiri dari ruang tidur, ruang makan lengkap dengan meja dan kursi, lalu ruang televisi. Ruang televisi ini begitu luas dengan televisi sederhana, bukan televisi layar datar. Asyik menonton sambil lesehan.

Bersiaplah terkejut saat masuk ke dalam kamar mandi. Kamar mandi sangat luas, layaknya ruangan tidur tersendiri. Sisi satu adalah pancuran mandi sementara sisi satu lagi adalah bak berendam. Tetapi bak berendam ini sangat luas dan dalam.

Ya, bak berendam inilah pemandian air panas yang dimaksud. Di bak terdapat dua keran, keran pertama mengalirkan air dingin biasa, sedangkan keran kedua adalah air belerang yang panas. Selesai berendam, tamu bisa mandi dan langsung bersantai menonton televisi atau sekadar duduk-duduk di teras kamar yang menghadap langsung ke danau buatan.

Biasanya pemandian air panas berada di udara terbuka dan berendam bersama orang-orang lain tanpa privasi. Nah, di penginapan-penginapan daerah Cipanas, pemandian air panas tersedia di kamar-kamar.

Keunikan lainnya penginapan-penginapan di daerah Cipanas memiliki empat untuk setiap kamarnya. bisa berubah tergantung bulan berkunjung. Di Banyu Alam ada beberapa tipe kamar seperti Bungalow, Junior Suite, dan Suite. Seperti Bungalow A dan B serta Junior Suite dapat memuat 2 orang dewasa dan 2 anak. Sementara untuk Bungalow C dan Suite Room lebih besar lagi karena dapat memuat 4 orang dewasa dan 2 anak.

Misalnya tipe kamar Bungalow A2, harga pada saat hari kerja (weekday) adalah Rp315.000. Sedangkan di akhir pekan (weekend) menjadi Rp490.000. Semenara pada saat musim , harga bisa naik menjadi Rp540.000. Harga terakhir yaitu special rate berlaku saat musim padat kunjungan seperti saat sekolah atau akhir tahun. Harga pun berada di posisi termahal, seperti Bungalow A2 menjadi Rp 940.000.

Beda lagi dengan Sumber Alam. Resor satu ini selain menyediakan pemandian air panas di kamar masing-masing, juga memiliki pemandian air panas untuk umum. Sehingga tamu yang tak menginap di Sumber Alam tetap dapat menikmati pemandian air panas. Kamar rendam di Sumber Alam tanpa menginap dikenai Rp40 ribu (maksimal untuk 2 orang). “Kamar rendam ini terletak di sebelah musala. Di luarnya terdapat banyak jajaran kursi lengkap dengan meja untuk mengobrol dan makan,” ucap salah seorang pengunjung.

Loading...