Hewan Ternak Unggulan, Ini Kisaran Harga Sapi Hidup per Kg

Ilustrasi : Sapi yang mencari makan di padang rumput

JAKARTA – Selain kambing, merupakan salah satu ternak yang memiliki prospek cerah. Pasalnya, kebutuhan akan di Indonesia tidak pernah sepi, bahkan cenderung meningkat, terutama jelang hari raya Idul Adha. Di tingkat peternak sendiri, hidup yang dihitung berdasarkan berat badan berkisar Rp37 ribu sampai Rp45 ribuan per kg, tergantung sapi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari sapi, belantik, jagal sapi, dan peternak sapi, harga sapi lokal jenis Limousin dan Simmental berkisar Rp42 ribu sampai Rp45 ribu per kg. Sementara, harga sapi jenis PO antara Rp42 ribu sampai Rp44 ribu per kg, harga sapi potong jenis FH jantan antara Rp40 ribu sampai Rp41 ribu per kg, harga sapi impor Australia antara Rp37 ribu sampai Rp40 ribu per kg, dan harga sapi Madura siap potong berkisar Rp45 ribuan per kg.

Dengan kisaran harga tersebut, harga daging sapi secara ideal menurut Kementerian Pertanian berkisar Rp110 ribu per kg. Angka itu sudah memperhitungkan pemeliharaan, pemotongan, hingga transportasi daging dari tingkat peternak hingga pengecer. “Pada dasarnya, harga sapi hidup di tingkat peternak Rp45 ribu per kg, dan sampai Jakarta menjadi Rp90 ribu per kg. Jadi, harga yang cocok untuk daging sapi adalah Rp110 ribu per kg,” tutur Direktur Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ketut Diarmita.

Bagi peternak sendiri, memiliki sapi ibarat punya tabungan. Ketika sewaktu-waktu membutuhkan uang, mereka bisa menjual sapi ternak tersebut. Seorang peternak bernama Usman mengaku kini telah memiliki lima ekor sapi, yang ditaksir memiliki aset sebesar Rp150 juta. Ini dengan asumsi satu ekor sapi dihargai Rp30 jutaan.

“Beternak sapi itu pekerjaan yang ringan. Itulah kenapa saya tidak tertarik untuk bekerja di luar negeri meski di kampung saya banyak yang mencari nafkah di lain,” ujar Usman. “Namun, merawat sapi memang tidak bisa ditinggal dalam waktu lebih dari dua hari karena sapi setiap hari harus diberi makan rumput segar.”

Loading...