Hati-Hati, Kini Banyak Bitcoin Generator Scam Bertebaran di Internet!

Bitcoin Generator Scam - ukbitcoinblog.comBitcoin Generator Scam - ukbitcoinblog.com

Sejak nilai Bitcoin meroket, banyak orang yang berbondong-bondong ingin mencoba untuk memiliki virtual ini. Hingga kini cara yang dianggap terbaik dan paling efektif untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan melakukan penambangan atau yang lebih disebut ‘mining’. Aktivitas menambang bitcoin ini berkaitan dengan penyelesaian permasalahan komputasi berbentuk puzzle cryptographic yang kompleks. Oleh sebab itu mendapatkan bitcoin tak bisa hanya mengandalkan situs-situs yang mengklaim dirinya sebagai bitcoin generator, melainkan harus didukung hardware yang memang mumpuni.

Dalam mining, diperkirakan hardware yang memakai microchip bernama ASICs (application-specific integrated circuits) atau melalui serangkaian GPU yang digabungkan. Namun karena mining kini semakin populer, VGA di pasaran pun semakin melonjak. Fenomena inilah yang dipakai oleh oknum tak bertanggungjawab untuk menciptakan -website yang disusupi virus atau bahkan situs bitcoin generator yang sepenuhnya scam (menipu).

Selama ini banyak orang tertipu dengan bitcoin generator karena berharap bisa mendapatkan bitcoin gratis secara . Padahal cara kerjanya memang tidak bisa seperti itu. “Tidak ada bitcoin generator yang real. Bitcoin hanya bisa ditambang dengan hardware dan tidak ada software. Waspadalah terhadap situs scam, saya telah melalui banyak dari mereka. Scammers memanfaatkan kurangnya pengetahuan sebagai untuk mengeruk bitcoin,” ujar salah satu miner, Sarah Clarnes melalui Quora.

Cara kerja bitcoin generator abal-abal pada umumnya hampir mirip seperti situs-situs paid per click atau sebagainya. akan diminta untuk memasukkan alamat bitcoinnya, kemudian mengklik tombol ‘Start’ yang ada di website tersebut. Tak lama kemudian akan muncul kode-kode command line yang mengatakan bahwa situs tersebut sedang melalui tunnel untuk mencarikan bitcoin bagi sang .

Kemudian di bagian bawahnya juga terdapat progress bar loading. Setidaknya dibutuhkan waktu antara 3-4 menit untuk mencapai 100% progress bar. Setelah proses loading selesai, muncul pesan popup yang mengatakan jika situs scam tersebut akan mengirimkan 0,1 BTC ke wallet bitcoin pengguna, namun mereka akan meminta pengguna membayar miners fee sebesar 0,00450 BTC agar transaksi berhasil. Jika tidak, maka transaksi tersebut dianggap gagal.

Dari sistem itu saja sudah terlihat di mana letak penipuannya. 0.00450 BTC berdasar nilai saat ini setara dengan USD 46,83. Demi mendapatkan 0,1 BTC yang masih patut dipertanyakan kebenarannya, pengguna justru tergerak untuk mempertaruhkan USD 46,83, yang mana nilai ini cukup besar di dunia crypto.

“Tolong jangan tertipu scam semacam ini. Tidak ada jaminan mereka akan mengirimkan uang itu ke dompet Anda. Sebaliknya, mereka akan mengambil uang Anda dan lenyap, atau mungkin terus menipu lebih banyak pengguna,” ujar miner lainnya.

Cara kerja bitcoin generator scam memang bermacam-macam. Namun umumnya sistemnya sama, yakni meminta pengguna untuk membayar bitcoin dan menjanjikan BTC yang besar. Bahkan ada situs yang menawarkan bitcoin cukup dengan mengisi survei. Situs semacam ini juga scam. Setidaknya ada beberapa situs yang dipastikan scam, yakni genbtc, x-bitcoin-generator, claimbitcoin, super-btcmaker, limited-bitcoin-generator, bitcoin-maker, bitcoinforfree, bitquick, dan sebagainya.

Loading...