Rabu Sore, Rupiah Menguat Nantikan Hasil Pilpres AS

Rupiah - okezone.comRupiah - okezone.com

JAKARTA – Rupiah ternyata mampu bertahan di area hijau pada Rabu (4/11) sore, ketika greenback cenderung bergerak lebih tinggi di saat pasar keuangan global fokus pada hasil pemilihan presiden AS yang berlangsung ketat. Menurut catatan Bloomberg Index pada pukul 14.59 WIB, Garuda menguat 20 poin atau 0,14% ke level Rp14.565 per AS.

Sementara itu, data yang diterbitkan pukul 10.00 WIB tadi menetapkan referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) berada di posisi Rp14.557 per dolar AS, menguat 52 poin atau 0,3% dari sebelumnya di level Rp14.609 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mata uang domestik naik 32 poin atau 0,22% ke posisi Rp14.552 per dolar AS.

“Dolar AS melemah akibat pelaksanaan pemilu AS, dengan pemungutan suara berlangsung hari ini,” tutur Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, dilansir dari . “Jika Joe Biden dan Demokrat menang, pasar juga mempertimbangkan apa yang dilakukan untuk stimulus COVID-19 yang substansial, yang meningkatkan nilai emas sebagai tanggapan.”

Sebenarnya, dolar AS melonjak dan mata uang yang sensitif terhadap risiko terpantau turun pada hari Rabu karena hasil awal dalam pemilihan presiden AS menunjukkan persaingan yang sangat ketat, mendorong taruhan pada kemenangan penantang dari Partai Demokrat. Mata uang Paman Sam naik 0,26 poin atau 0,28% ke level 93,813 pada pukul 12.22 WIB.

Seperti diberitakan Reuters, calon incumbent, Donald Trump, yang sejauh ini tertinggal dalam jajak pendapat, mampu mempertahankan keunggulan tipis di bagian Florida yang menjadi medan pertempuran utama. Ini berimbas pada yuan dan peso Meksiko yang harus terpukul paling parah oleh momok empat tahun lagi dari kebijakan perdagangan agresifnya.

“Saya pikir, peluang menyapu bersih semakin berkurang, hampir setiap menit,” papar kepala strategi investasi di Perpetual di Sydney, Matt Sherwood. “Itu mengurangi kemungkinan, atau kemungkinan setidaknya dari program stimulus besar yang disetujui pada hari-hari pertama pemerintahan Joe Biden (jika terpilih).”

Loading...