Hasil Panen Berlipat, Ini Harga Kolam Bioflok Lengkap

Kolam bioflok dari terpal (sumber: merdeka.com)Kolam bioflok dari terpal (sumber: merdeka.com)

SOLOK – Banyak cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin beternak . Selain di tambak, Anda pun dapat menggunakan media dengan bioflok. ini diklaim dapat membuat kolam tidak berbau amis, selalu bersih, sehingga yang dihasilkan tetap segar. Di pasaran sendiri, kolam bioflok lengkap berada di kisaran jutaan rupiah.

Dewasa ini, pemerintah memang gencar mendorong masyarakat maupun untuk mengembangkan ikan menggunakan sistem bioflok. Pasalnya, pemeliharaan ikan dengan sistem tersebut diklaim mampu menghasilkan ikan yang berlipat serta masa yang lebih cepat dibandingkan di kolam konvensional.

“Budidaya ikan menggunakan sistem bioflok di Kota Solok baru dimulai tahun 2018 kemarin,” jelas Kabid Peternakan dan Dinas Pertanian Kota Solok, Ade Kurnia, dilansir Gatra. “Sistem ini diuji coba di Pokdakan Albarokoh di Kelurahan Tanah Garam, dengan bantuan bibit sebanyak 9.000 ekor per kolam, pakan 2,5 ton, dan bantuan pembuatan kolam khusus lele menggunakan APBD sebanyak tiga kolam berdiameter 4 meter.”

Menurut keterangan Kasi Perikanan Dinas Pertanian Kota Solok, Riki, budidaya ikan dengan bioflok adalah pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi mengolah limbah menjadi gumpalan-gumpalan kecil (flok) yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan. Pertumbuhan mikroorganisme dipicu dengan cara memberikan kultur bakteri non-pathogen (probiotik) berupa minyak dari tepung ikan yang difermentasi dan molase (tetes tebu) ke dalam kolam.

Sistem bioflok ini sendiri dapat dikembangkan di kolam bulat berdinding terpal, sehingga tidak memerlukan lahan yang luas. Kolam dengan diameter 2 meter saja sudah bisa memuat bibit lele sebanyak 4 ribu sampai 5 ribu ekor. Kolam lantas dilengkapi dengan aerator untuk menambah pasokan udara dalam , sehingga tidak perlu sering menguras kolam.

Di Ponorogo, seorang peternak lele bernama Muhammad Komarudin mengaku mampu menghasilkan omzet yang luar biasa ketika memelihara ikan menggunakan sistem ini. Dilansir Detik News, dalam satu bulan, ia sanggup menjual 1,2 ton lele dengan omzet mencapai angka Rp18 juta-an. “Saat ini, saya memiliki 24 kolam bioflok yang siap panen setiap bulan,” kata warga Desa Coper tersebut.

Nah, bagi Anda yang juga tertarik memelihara ikan menggunakan sistem ini, Anda dapat membeli peralatan kolam bioflok lengkap di pasaran. Saat ini, paket full set kolam bioflok ditawarkan di kisaran harga Rp2,1 juta untuk kolam berdiameter 2 meter ( mulai 1.500 ekor lele) hingga Rp3,2 juta-an untuk kolam berdiameter 3 meter ( mulai 3.500 ekor lele).

Loading...