Hasil Lelang SUN bantu dongkrak Rupiah

20140624_rupiah_afpPenguatan Rupiah masih belum terhenti, (2/4) Rupiah tercatat melanjutkan tren positifnya dengan menguat sebanyak 43 basis poin terhadap . Rupiah berada pada posisi Rp Rp 13.043 Pe Dolarnya atau naik sebanyak 0,33%. Berdasarkan dari pantauan JISDOR (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) oleh Bank Indonesia (BI), Rupiah sempat menembus level Rp 13.000 perDolar Amerika.

Reza Priyambada, Kepala Riset PT Woori Securities Indonesia, menimpali bahwa dengan meningkatnya penyerapan lelang SUN (Surat Utang Negara) kemarin (1/4) tampaknya memberikan sentimen positif terhadap Rupiah. Kabar yang didapatkan dari laman Kementerian Keuangan mengatakan bahwa kembali menghimpun dana sebesar Rp 10 triliun dari lelang Surat Utang Negara pada akhir bulan Maret lalu, dengan total penawaran yang masuk mencapai senilai 15,2 triliun rupiah. Selain itu, rilis data sebesar 0,17% yang ternyata lebih rendah dari perkiraan mayoritas pemain , yakni 0,43% dan konsensus 0,19% menjadi faktor pendongkrak lainnya.

Di sisi eksternal, meningkatnya laju dan seiring dengan ekspektasi akan perbaikan ekonomi dari masing-masing Negara turut memberikan sentiment positif bagi Rupiah. “Akan tetapi, (sebaiknya) tetap waspadai potensi pembalikan arah. Penguatan ini sifatnya (masih) terbatas dan berjangka pendek,” ujar Reza. Selanjutnya, Reza memperkirakan bahwa pergerakan Rupiah masih akan berada pada kisaran Rp 13.080 hingga Rp 13.089 per nya.

 

Loading...