Harus Rutin Diganti, Harga Minyak Rem Motor Cukup Terjangkau

Minyak Rem Motor - otozones.blogspot.co.idMinyak Rem Motor - otozones.blogspot.co.id

Sistem pengereman pada merupakan salah satu hal penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Karena itu, perhatian dan ekstra mesti diperhatikan pada ini, termasuk mengganti rem agar komponen logam rem tidak mengalami masalah, seperti mudah aus. Nah, minyak rem sendiri bervariasi, mulai ribuan hingga puluhan ribu rupiah, tergantung dan kapasitasnya.

“Minyak rem umumnya tidak habis, melainkan hanya berkurang. Pengurangan minyak rem ini bukan karena penguapan, melainkan disebabkan kampas rem sudah mulai menipis,” jelas Budi, mekanik bengkel ‘Bumen Jaya Motor’ di Jakarta. “Karena pada saat kampas rem sudah menipis, piston kaliper akan mendorong lebih dalam. Tetapi, jika kampas rem diganti baru, dia akan kembali normal.”

Budi sendiri menyarankan agar sepeda motor mengikuti buku panduan resmi ketika akan mengganti minyak rem. Menurut Budi, standar penggantian minyak rem sepeda motor adalah setelah kendaraan menempuh jarak 20 ribu kilometer. “Tetapi, saya tidak berpatokan pada jarak tempuh saja. Jika rem sering digunakan dan mulai tidak terasa nyaman, sebaiknya segera cek bagian kaliper atau sil kaliper dan dilakukan penggantian,” kata Budi.

Senada dengan Budi, Zainul Furqon, pemilik bengkel ‘Banewas Motor’ di bilangan Depok, juga mengatakan bahwa waktu ideal penggantian minyak rem dilakukan per 20 ribu kilometer. Pasalnya, bagaimanapun, di minyak tersebut ada zat aditif yang setelah jarak itu memang harus diganti atau dibersihkan. “Jika tidak diganti, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada bagian seal master,” ungkap pria yang akrab disapa Inul tersebut.

“Di bengkel kami, harus merogoh kocek sekitar Rp30 ribu, itu sudah termasuk biaya jasa kuras sebesar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu dan harga minyak rem yang sekitar Rp15 ribuan,” lanjut Inul. “Agar perangkat rem semakin bersih, disarankan servis dilakukan secara keseluruhan, seperti pembersihan piston, kaliper, dan karet rem.”

Jika Anda ingin mengganti minyak rem secara mandiri, saat ini sudah banyak merek minyak rem yang di pasaran. Minyak rem AHM Brake Fluid Honda DOT-4 kemasan 50 ml misalnya, sekarang dengan harga sekitar Rp7.500. Sementara, minyak rem merek Jumbo DOT-4 kemasan 300 ml, dipasarkan dengan harga Rp25 ribuan. Adapun minyak rem merek Prestone, dilepas dengan harga mulai Rp20 ribuan.

Loading...