Tersedia Tipe Cabin & Canopy, Ini Harga Wheel Loader Komatsu WA100

Wheel Loader Komatsu WA100 - www.f-uchiyama.comWheel Loader Komatsu WA100 - www.f-uchiyama.com

Wheel loader adalah berat yang biasa dipakai untuk memindahkan material ke dalam truk atau tempat lain. Wheel loader lebih cocok dan efisien digunakan pada daerah kerja yang rata, kering, dan kokoh karena memakai roda karet, sehingga mobilitasnya pun lebih tinggi. Wheel loader juga bergerak dengan roda yang bisa digerakkan secara leluasa ke arah tertentu layaknya mobil. Di ada banyak pilihan wheel loader untuk menunjang pekerjaan berat, salah satunya seperti produk Komatsu WA100. Wheel loader satu ini dijual dengan harga ratusan juta untuk kondisi bekas (second).

Sebagai informasi, harga wheel loader Komatsu WA100-3 canopy berstatus bekas dan built up dijual dengan harga Rp665 juta per unit, sedangkan yang memakai cabin harganya terpaut lebih mahal, yakni Rp695 juta per unit. Meski demikian, ada juga yang harganya lebih murah, yakni wheel loader Komatsu WA100-1 eks , built up, masuk tahun 2007, menggunakan kabin dan bucket-nya hanya 1 m3. Harganya hanya dibanderol Rp495 juta per unit.

Apabila dibandingkan dengan buldozer, wheel loader memiliki perbedaan mencolok pada bagian roda. Seperti diketahui, wheel loader memakai roda karet, sedangkan dozer shovel memakai roda rantai. Wheel loader bekerja dengan memindahkan bahan material ke dalam truk atau tempat lain. Sementara itu, loader difungsikan untuk menggali, bucket akan diarahkan lalu didorong ke material. Apabila bucket sudah penuh, traktor akan mengangkat bucket berisi material lalu mundur perlahan untuk kemudian dipindahkan.

Sebagai informasi, produk Komatsu meliputi ekskavator hidrolik, buldoser, dump truck, wheel loader, dan motor grader. Komatsu Ltd. sebelumnya telah menunjuk United Tractors sebagai distributor resmi di sejak tahun 1973 silam. Sayangnya, pada semester I 2019 lalu alat berat Komatsu di Tanah Air mengalami penurunan sebesar 20% menjadi 1.917 unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 2.400 unit.

“Penjualan Komatsu di sektor pertambangan turun 31% menjadi 900 unit pada semester I-2019 dibanding semester sama tahun lalu 1.320 unit. Anjloknya penjualan di sektor ini, membuat kontribusi dari sektor pertambangan turun dari 55% menjadi 47% terhadap total penjualan Komatsu,” kata Relation United Tractors Ari Setiyawan, seperti dilansir .id.

Loading...