Lebih Hemat Listrik, Harga Water Heater Listrik Watt Kecil Mulai Rp1 Jutaan

water heater merk Ariston - youtube.com

Dibandingkan memasak terlebih dahulu tiap kali hendak mandi hangat, menggunakan water heater atau pemanas memang lebih praktis. Terlebih karena saat ini sudah banyak water heater dengan watt kecil yang jualnya relatif terjangkau.

Misalnya saja untuk water heater merk Ariston 10 liter low watt 200W dengan harga Rp1.574.000 saja per unit. Kemudian ada juga merek Midea D15-02-YA2 kapasitas 15 liter 200 W yang dibanderol seharga Rp1,37 juta, Riches Instan water heater RQS62-G Rp1,75 juta, Polaris D30-08Z 30 Liter 300 watt Rp1.357.000, DOMO DA4010 Electric 10 L 200 W Rp1.218.750, dan masih banyak lagi. Harga water heater listrik watt kecil di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Jika hendak membeli water heater atau pemanas air dengan tenaga listrik, sebaiknya pilih yang daya atau watt-nya rendah dan konsumsi listriknya tidak terlalu besar supaya lebih menghemat pengeluaran tagihan listrik per bulannya. Selain itu, pastikan membeli water heater listrik yang menawarkan garansi cukup panjang guna menjamin produknya dalam jangka panjang.

Di masa pandemi (Covid-19) seperti sekarang ini, rupanya mandi dengan air hangat juga menawarkan banyak keuntungan. “Air hangat akan memberi stimulus pada kulit dan merangsang otak untuk melepaskan hormon dopamin yang membuat kita merasa bahagia,” ujar Dr. Fitria Agustina, dermatologist, SpKK, FINSDV, seperti dilansir Kompas.

Dr Fitria juga mengingatkan bahwa durasi mandi dan suhu air hangat perlu diatur supaya kita dapat memperoleh seluruh manfaat baik dari mandi air hangat. “Mandi yang terlalu cepat atau terlalu lama tidak baik bagi kita, disarankan mandi maksimal 10 menit,” bebernya.

Kemudian untuk suhu air hangat yang disarankan Fitria adalah 37-38 derajat celsius. “Pada suhu ini, kita bisa menurunkan stres, emosi, meningkatkan aliran darah, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan exercise tolerance, di mana energi tubuh kembali pulih setelah berolahraga. Hindari suhu air yang lebih tinggi, karena akan merusak kelembapan kulit,” terangnya.

Loading...