Berguna untuk Mewarnai Kain, Harga Wantex Hitam di Pasaran Murah Meriah

Mewarnai Kain - www.freepik.comMewarnai Kain - www.freepik.com

Celana, jaket, atau item lainnya yang terbuat dari jeans biasanya akan memudar seiring berjalannya waktu. Maklum saja, celana maupun jaket pastinya akan dicuci setelah sekian kali digunakan agar terjaga kebersihannya. Namun risiko jeans kesayangan tentu bisa memudar. Untuk menanggulangi hal tersebut, beberapa orang biasanya mewarnai kembali jeans yang telah memudar menggunakan pewarna kain seperti wantex. Terlebih karena wantex tersedia dalam warna beragam, mulai dari biru, cokelat, hingga hitam dengan banderol terjangkau.

“Wantex adalah zat pewarna kain yang cocok digunakan untuk menguatkan kembali warna celana ataupun jenis pakaian lain yang terbuat dari jeans. Nama wantex mungkin berbeda-beda tiap daerah, ada yang menyebutnya wenter atau celep,” kata salah satu penjual wantex di Surabaya.

Adapun harga wantex Nilon warna hitam cukup murah, Rp1.000 saja per bungkus. Kemudian ada juga wantex merk Padi Gunting warna Hitam 15 seharga Rp3.000 per bungkus, wantex Tiga Kelinci warna hitam Rp14.000, wantex Dylon hitam Rp40 ribu, dan masih banyak lagi merek wantek lainnya di pasaran.

Sebagai , wantek awalnya merupakan sebuah serbuk pewarna kali bernama Wantex. Tetapi, orang Indonesia kemudian menyebutnya sebagai proses pewarnaan sekaligus. Zat pewarna kain ini juga dikenal sebagai naftol oleh beberapa orang. Sebelum memutuskan untuk mewarnai pakaian atau celana dengan wantex, pastikan warnanya sesuai dengan kain yang hendak diwarnai.

Cara penggunaan wantex pun cukup sederhana, biasanya tiap sudah menyertakan aturan pemakaian di kemasannya. Pertama, pengguna harus memasak air sekitar 2 botol bir. Sewaktu air hangat, masukkan zat pewarna dan aduk sampai benar-benar rata.

Kemudian, pastikan bahan yang hendak dicelup harus dalam keadaan basah. Kemudian, masukkan bahan yang hendak dicelup ke dalam pewarna. Setelah itu bahan diaduk selama 60-90 menit dalam keadaan air mendidih. Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir hasil pewarnaan yang belang. Sesudah 60-90 menit, bahan diangkat dan taruh bahan tersebut selama 15 menit. Terakhir, bahan yang sudah diwarnai itu dibilas sampai bersih lalu dijemur.

Loading...