Harga Variatif, Selai Nanas Ukuran 1 Kg Dijual Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Selai Nanas - www.xjodo.comSelai Nanas - www.xjodo.com

Selai bisa menjadi pemanis yang cukup menggugah selera untuk dioleskan ke roti, cake, atau kudapan lainnya. Bukan hanya sebagai olesan, selai dari -buahan tertentu seperti nanas juga kerap dimanfaatkan untuk membuat kue kering layaknya nastar. Harga selai nanas sendiri cukup bervariasi, biasanya per kaleng hingga per kemasan 1 kg.

Harga selai nanas kiloan di bermacam-macam. Ada yang menjual selai nanas curah dengan harga Rp 31 ribu per 1 kilogram, kemudian ada selai nanas Miyami 1 kg seharga Rp 47 ribu, hingga selai nanas nastar yang sudah dibentuk bulat-bulat seharga Rp 65 ribuan per kg. Harga di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung merek dan yang ditawarkan.

Selain nanas buatan pabrik yang banyak dijual di pusat perbelanjaan atau mini market seperti Indomaret dan Alfamart, selai nanas rumahan alias homemade ternyata juga cukup laris di pasaran. Salah satunya seperti Selai Oma Anna. “Selai kreasi Oma lebih enak dibanding buatan pabrik. Selai pabrik terlalu manis dan rasa buahnya kurang terasa,” kata sang pemilik, Mei Suling, seperti dilansir Tribunnews.

Resep selai nanas yang ia klaim lezat itu didapatkan dari resep sang oma. Mei akhirnya berusaha mengkreasikan sendiri selai tersebut hingga menghasilkan rasa dan tekstur yang pas tanpa menghilangkan ciri khas selai buatan omanya. “Ternyata rahasianya ada di paduan nanas dan cengkihnya,” bebernya.

“Untuk membuat selai, perlu pengental. Awalnya saya pakai agar-agar, ternyata tak cocok. Lalu menggunakan pectin atau ekstrak apel. Hasilnya bagus. Sayang, setelah berputar-putar Kota Bandung, saya hanya menemukan satu yang jual,” ungkap Mei.

Mei pun tak kehabisan akal. Ia terus mencari informasi di internet mengenai selai dan menemukan resep untuk membuat selai dari bahan pengental yang dibuat sendiri memakai apel segar. Pemasaran Selai Oma Anna pun sederhana, hanya dipajang di web dan sambutan pun cukup positif. “Ternyata banyak yang suka. Rata-rata puas. Padahal harganya lebih mahal dari selai pabrik,” jelasnya.

Menurut beberapa orang ternyata harga tak menjadi masalah asalkan rasa dan kualitas produknya memang baik. Berbekal promosi dari mulut ke mulut, Selai Oma Anna semakin dicari oleh pelanggan dan banyak dikirim ke luar kota. “Saya sudah kirim ke banyak kota besar. Termasuk Makassar, Pontianak, dan Jayapura,” aku Mei.

Loading...