Harga Variatif, Maspion Tawarkan Eksos (Exhaust Fan) dalam Berbagai Ukuran

Eksos (Exhaust Fan) Maspion - fjb.kaskus.co.idEksos (Exhaust Fan) Maspion - fjb.kaskus.co.id

Untuk mengusir hawa panas dalam biasanya memiliki produk kipas angin atau bahkan air conditioner (AC). Namun luasnya ruangan tentu sangat berpengaruh, sehingga produk seperti kipas angin saja mungkin tidak cukup untuk menghilangkan panas atau bahkan menghilangkan bau pengap di dalam ruangan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai mempertimbangkan exhaust fan alias eksos.

Menurut Agustinus Widodo, konsultan IT PT TARAM yang juga menjadi konsultan dalam proyek Departemen Umum, pemilihan kipas angin tidak cukup hanya dengan melihat daya yang dibutuhkan saja, tetapi juga harus melihat cara kerja kipas angin dalam menyejukkan udara.

“Kalau daya, kipas angin duduk, berdiri dan gantung itu hampir sama. Rata-rata 40 Watt. Kalau mau memilih salah satu di antaranya tinggal melihat tempatnya saja. Tapi sebenarnya, fan semacam itu tidak cukup efisien. Lebih efisien memakai exhaust fan,” ujar Agus, seperti dilansir Kompas. Tetapi, itu pun jika tujuannya memang untuk menghilangkan panas di ruangan yang langsung berhubungan udara luar.

Lebih lanjut Agus memaparkan bahwa kipas angin biasa hanya bekerja dengan memutar udara di sekitarnya, sehingga jenis itu tak bisa menghilangkan panas dari dalam ruangan. “Kalau saya lebih menyarankan memakai exhaust fan. Dayanya sama 40 Watt tetapi lebih efisien, lebih sejuk dan bersih udaranya. Sebabnya, kalau exhaust fan itu mengeluarkan udara panas yang ada di dalam ruangan dan membawa masuk udara sejuk ke dalam ruangan,” beber Agus.

Dibanding kipas angin konvensional, pemasangan heksos atau exhaust fan memang lebih membutuhkan . Pasalnya sang pengguna setidaknya harus membobok tembok dan memasang exhaust fan secara permanen.

Saat ini ada banyak exhaust fan yang beredar di pasaran, mulai dari KDK, Panasonic, hingga merk Maspion. Harga eksos Maspion pun cukup variatif, tergantung ukurannya. Sebagai contoh, Maspion CEF-20 Ceiling Exhaust Fan 8 inch dijual dengan harga Rp 210 ribu, kemudian Maspion Wall Exhaust Fan 12 inch MV 300 NEX harganya Rp 329 ribu, MV-200 NEX Rp 265 ribu, dan Maspion Exhaust Fan 16 inch MV 3400 NEX harganya mencapai Rp 770 ribu.

Loading...