Harga Variatif, Linseed Oil Simpan Beragam Manfaat untuk Furniture & Kecantikan

Ilustrasi : Linseed OilIlustrasi : Linseed Oil - oilhealthbenefits.com

Masyarakat mungkin belum banyak yang mengetahui atau menggunakan linseed oil untuk kehidupan sehari-hari. Padahal di luar negeri sana minyak satu ini sudah banyak dipakai karena dikenal sangat multifungsi, baik untuk maupun untuk perabot rumah tangga. Di Tanah Air, linseed oil sangat , tergantung dan kemasannya.

Adapun harga refined linseed oil 80 ml Rp 12 ribu per botol, 1 liter Rp 99 ribu, dan ada pula yang menjual botol 75 ml dengan harga mencapai Rp 120 ribu. Linseed oil sendiri merupakan minyak nabati yang berasal dari biji rami. Linseed oil atau flaxseed oil diperoleh dari proses pengeringan biji tanaman Linum (Linum usitatissimum) alias rami.

Linseed oil dikenal memiliki kandungan lebih dari 50% asam lemak omega-3, kemudian asam linoleat ganda tidak jenuh, asam oleat tidak jenuh, dan asam palmitat jenuh. Karakteristiknya yang mudah terpolimerasi saat terpapar oksigen, linseed oil kerap dipakai untuk memoles kayu agar warna dan serat kayu terlihat lebih bagus. ini sering digunakan untuk finishing pool deck, flooring, papan surfing, hingga peralatan dapur.

Bahkan asal Rusia bernama Dashik Gubanova yang menjadi viral karena memiliki rambut panjang nan indah bak Rapunzel juga mengaku menggunakan linseed oil untuk perawatan rambutnya. “Aku selalu bilang tidak ada rahasia untuk rambut panjangku. Pertama, ini keturunan. Ibu dan nenekku punya rambut yang panjang. Tapi yang paling penting adalah hindari bahan pewarna, bahan kimia, merawat rambutku, dan membuat perawatan sendiri. Aku biasanya menggunakan resep lama dan membungkus rambut dengan minyak sayur atau sour cream,” jelas Dashik lewat akun Instagram-nya.

Dashik juga mengaku lebih mengutamakan perawatan alami. Selain sampo, ia memakai masker buatannya sendiri yang terdiri dari minyak zaitun dan sour cream yang dicampur minyak linseed, vitamin A, dan vitamin E. Kabarnya, cukup dengan menggunakan 1 sendok linseed oil setiap pagi dapat membuat rambut Dashik terlihat indah dan tidak kusam.

Loading...