Harga Variatif, Linoleum Dianggap Alternatif Pelapis Lantai yang Ramah Lingkungan

Harga Linoleum - www.varunaweb.comHarga Linoleum - www.varunaweb.com

dari keramik biasa mungkin sudah umum dan terasa membosankan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu kini berkembang beberapa pelapis lantai seperti vinyl, parket, hingga linoleum. -material tersebut kerap digunakan sebagai penutup lantai agar dapat menampilkan suasana yang berbeda. Menggunakan pelapis lantai harganya relatif lebih murah dibanding harus mengganti ubin atau lantai keramik secara keseluruhan.

Dari sekian banyak pelapis lantai tersebut, material linoleum kini cukup diminati. Linoleum dikenal sebagai pelapis lantai yang hemat, ramah lingkungan, praktis, dan juga aman. Linoleum sendiri adalah bahan pelapis lantai yang terbuat dari campuran minyak biji rami (linseed oil) dengan tepung kayu, serbuk gabus, dan kain berserat kuat.

Pelapis lantai yang banyak dipakai di Eropa dan ini disukai karena sifatnya yang elastis dan mudah pemasangannya, serta mudah dibersihkan dan tak mudah terbakar. Bahannya yang elastis tersebut kabarnya juga bersifat anti rayap, sehingga lebih awet dibandingkan lantai parket berpori.

Menurut Asmara, Direktur PT Indo Flooring, bentuk pelapis lantai linoleum hampir sama seperti vinyl, alhasil banyak orang yang menyamakan dengan vinil meski keduanya adalah material berbeda. “Banyak orang yang mengira bahwa linoleum sama dengan vinil. Padahal itu beda, dan bedanya mendasar, yaitu dari bahan yang digunakan. Vinil dibuat dari PVC atau plastik yang tidak , sedangkan forbo linoleum dibuat dari 100% bahan , dan sangat ramah lingkungan,” ungkap Asmara, seperti dilansir Kompas.

Linoleum yang tersedia di pasaran ada beberapa jenisnya, yakni marmoleum, artoleum, dan walton. Perbedaan paling mencolok bisa dilihat dari warnanya. Marmoleum berasal dari kata marmer, sehingga yang ditawarkan menyerupai batu marmer. Kemudian Artoleum terdiri dari 3 , yaitu polos, motif kulit buaya, dan binti-bintik awan. Dan yang terakhir, Walton motifnya mirip serat kayu, beton, dan desain kontemporer.

linoleum pelapis lantai di pasaran memang cukup variatif, bisa mencapai lebih dari Rp 150 ribuan untuk ukuran per meter persegi. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa material linoleum tetap saja punya kelemahan, yakni mudah tergores dan mengalami penuaan yang menyebabkan warnanya kusam.

Loading...