Harga Variatif, Karangan Bunga Untuk Wisuda Berbentuk Tiga Dimensi

Harga, karangan, bunga, untuk, wisuda, pernikahan, momen, rangkaian, buket, bouquet, unik, tiga, dimensi, jenis,Karangan bunga wisuda (brilio.net)

Saat ini, pemberian karangan atau buket tidak hanya terbatas untuk sepasang kekasih atau pada saat pernikahan saja. Namun, bagi kawan yang sedang merayakan sejumlah momen spesial seperti momen kelulusan atau juga lumrah diberikan sebuah bouquet bunga yang cantik. Hal tersebut yang menyebabkan karangan bunga semakin menjamur belakangan ini.

Salah seorang yang sudah menikmati keuntungan yang menggiurkan dari bisnis karangan bunga untuk wisuda adalah Enok Asmini, warga Panyairan, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Ia sengaja datang ke Kota Tasikmalaya untuk menjual karangan bunga dalam acara wisuda salah satu swasta di Tasikmalaya.

Enok mengatakan, karangan bunga miliknya dijual dengan harga yang beragam, mulai Rp30 ribu sampai Rp50 ribu, tergantung banyaknya tangkai bunga yang dipilih pembeli. “Kalau bunga yang isinya tiga dijual Rp30 ribu. Kalau yang Rp50 ribu isi bunganya ada lima tangkai,” ujarnya kepada Initasik.

Ia menambahkan dalam satu karangan bunga itu, ada beragam jenis bunga, seperti mawar, puma, sampai peacock. Karangan bunga bisa bertahan selama satu minggu, asal diberi . “Setiap hari, ujung batang bawah bunga harus dipotong sekitar kurang lebih setengah sentimeter. Lalu air yang ada di bawahnya harus diganti setiap hari,” imbuhnya.

Ketika ditanya soal , Enok mengaku, usaha musiman yang menjadi alternatif dari usaha tani bunga yang menjadi rutinitas kesehariannya itu, nominalnya lumayan besar. Dalam satu kali berjualan, uang Rp1 juta tak sulit didapat.

Selain Enok, ada lagi dua dari Kota Bandung yang turut mencicipi keuntungan dengan memanfaatkan usaha karangan bunga untuk wisuda. Namun, mereka memberikan inovasi yang cukup unik, yakni mengubah kertas tisu menjadi rangkaian bunga karakter tiga dimensi. Bisnis yang mereka namai Hue Florist ini berdiri sejak 2016 lalu, dan merupakan handmade berbahan dasar tisu yang dibentuk menyerupai rangkaian bunga karakter kartun tiga dimensi.

Lucyana, salah satu pemilik Hue Florist mengaku ide membuat kerajinan tangan tersebut muncul karena tugas dari salah satu mata kuliahnya. “Kita tuh awalnya dari tugas gitu, disuruh buat produk dari apapun lah, terus nanti didagangin gitu. Terus kita kepikiran, kalau biasanya orang ngasih bunga kan suka layu ya dan di Bandung juga kita lihat masih jarang ya rangkaian bunga karakter tiga dimensi yang bisa custom. Jadi kita kepikiran bikin itu, tapi kita maunya bunga yang nggak bisa layu, jadi nggak bakal kebuang,” ujarnya dilansir dari Wolipop.

Untuk satu bunga karakter tiga dimensi dengan tinggi 37 cm dan lebar 15 cm, dengan harga Rp499.000 – Rp599.000 tergantung tingkat kesulitan karakter yang dibuat, biasanya memakan waktu 2-3 hari. Sedangkan untuk buket bunga karakter dua dimensi dengan harga Rp 200 ribuan.

“Jadi kita mengestimasi pemesanannya untuk yang tiga dimensi biasanya satu minggu, tapi kalau misalkan karakternya lebih sulit harus sekitar tiga mingguan. Soalnya kita harus bikin rangkanya dulu kan yang agak lama,” tambahnya.

Selain menggunakan kertas tisu, mereka juga membuat buket bunga berbahan dasar kertas HVS. Nah, untuk buket yang satu ini cocok bagi pelanggan yang menginginkan buket dengan bujet minim. Karena satu buket bunga HVS ini dibanderol dengan harga Rp40.000 saja.

Loading...