Harga Tergolong Mahal, Vaksin Infanrix Hexa Dapat Cegah Sederet Penyakit

Ilustrasi : Seorang anak sedang diberikan vaksinIlustrasi : Seorang anak sedang diberikan vaksin - hellosehat.com

Setiap orang tua tentu ingin mereka sehat dan terhindari segala . Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia pun mewajibkan setiap bayi untuk melakukan imunisasi di atau fasilitas lainnya. Namun karena ada begitu banyak vaksinasi, beberapa orang tua mungkin bingung menentukan vaksin apa saja yang wajib dan dibutuhkan oleh buah hati mereka. Apa lagi karena saat ini ada pula beberapa vaksin yang harganya cukup mahal seperti Infanrix Hexa.

Sebagai informasi, vaksin Infanrix Hexa untuk pencegahan difteri, pertusis, tetanus, Hib, polio, dan hepatitis B memang relatif mahal, yakni berkisar Rp780 ribu. Namun beruntung karena pemerintah memberikan fasilitas imunisasi untuk beberapa jenis penyakit.

“Saat ini ada 5 imunisasi dasar yang diberikan yaitu hepatitis B, BCG, polio, DPT dan campak,” kata dr Rifan Fauzie, SpA dari RSAB Harapan Kita Jakarta, seperti dilansir Detik. Kelima imunisasi dasar itu adalah vaksin yang memang dianjurkan oleh pemerintah dan dapat dilakukan di Puskesmas atau secara gratis.

Sementara Bidan Maria DS menambahkan, 5 vaksin dasar itu memang diwajibkan oleh pemerintah karena sifatnya dapat mewabah, mematikan, dan dapat menimbulkan kecacatan seumur hidup untuk polio. Akan tetapi menurut Bidan Maria, selain 5 vaksin dasar tersebut juga ada vaksin lain yang penting tetapi tidak diwajibkan pemerintah karena penyakitnya dapat dicegah, tidak mewabah, dan tidak mematikan.

“Vaksin-vaksin tambahan itu harus dilakukan berulang, dan ini tidak semua orang mampu melakukannya karena vaksin tambahan itu biayanya mahal. Kalau tidak divaksin untuk vaksin tambahan itu karena penyakitnya bisa dicegah. Tapi kalau pun terkena misalnya cacar maka setelah sakit akan membentuk kekebalannya sendiri,” ungkap Bidan Maria.

Sedangkan dr. Rifan menuturkan, untuk vaksin lain seperti pneumokokus, influenza atau Hib (Haemophilus influenza) walau tak termasuk dalam 5 imunisasi dasar sebenarnya tetap dianjurkan. “Jika memang secara geografis dan ekonomis mampu itu bisa dilakukan maka sebaiknya vaksin ini diberikan,” ujarnya.

Untuk vaksin tambahan tersebut, jika para orang tua merasa mampu memang boleh saja diberikan sebagai langkah pencegahan. Atau bisa juga melakukan pencegahan yang lebih murah dengan menjalankan hidup sehat supaya kekebalan tubuh terjaga.

Loading...