Nikmat Dijadikan Tumis, Berapa Harga Udang Rebon Hidup?

Udang Rebon yang siap diolah - www.lazada.co.id

JAKARTA – Rebon menjadi salah satu yang cukup dikonsumsi manusia. Dalam bentuk kering atau segar, ini biasanya diolah untuk dijadikan campuran tumis sayur atau perkedel, bisa juga dibuat rempeyek dan sambal. Untuk yang masih hidup, udang rebon di tingkat cukup terjangkau, sekitar Rp5 ribuan per kg. Sementara, jika sudah dalam bentuk kering, harganya bisa mencapai Rp25 ribuan per kg.

“Udang rebon adalah salah satu famili Penaeidae, fenus Penaeus. Kulitnya agak keras, tetapi tidak kaku,” demikian tulis situs Okezone.com. “Tanda istimewanya adalah pada badan terdapat ban ungu-hitam dan pada masing-masing ruas terdapat dua ban. Warna tersebut jelas sekali terlihat pada udang yang masih hidup. Rebon dibuat dari udang yang sangat kecil dan dikeringkan sehingga bentuknya mirip udang kecil segar.”

Menurut penuturan Mardi, warga Kampung Mengguru, Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, dalam menangkap udang rebon, dibutuhkan alat bernama ancau, yakni sejenis pukat . Bentuk ancau seperti waring kelambu, sangat halus, sebab udang rebon juga berukuran kecil. Selain ancau, peralatan lain yang diperlukan adalah perahu.

Cara mencari udang rebon ini, satu orang turun dari perahu, kemudian menarik ancau secara perlahan. Setelah semua ancau terendam, satu orang lagi yang berada di atas perahu ikut turun, lalu mengatupkan jaring tersebut. “Seperti pohon kelapa (bentuk jejeran imigrasi), mereka berjajar panjang melintas ke arah laut,” kata Mardi, dilansir Pos Belitung.

Jika sedang musim ikan, tangkapan udang rebon nelayan memang berlimpah. Pada bulan Oktober 2019 lalu misalnya, nelayan di pantai timur Pangandaran mengaku mampu membawa udang rebon dengan berat mencapai 5 ton dalam sekali melaut. “Harga udang rebon sekitar Rp5 ribuan per kg untuk jenis basah, sedangkan rebon kering harganya bisa mencapai Rp25 ribu per kg,” tutur Ai Nualrasyih, nelayan asal Dusun Parapat, Desa Pangandara, disalin dari Pikiran Rakyat.

Selain didapatkan dari nelayan, saat ini tidak sulit jika Anda ingin membeli udang rebon. Bahkan, Anda bisa berburu di berbagai situs dalam negeri. Rata-rata sudah dalam bentuk kering, harga udang rebon berkisar Rp23 ribu sampai Rp30 ribuan per kg. Sementara, untuk udang rebon segar, harganya bisa menyentuh angka Rp30 ribu sampai Rp59 ribuan per kg.

Loading...