Cuaca Kurang Bersahabat, Harga Udang Laut per Kg Naik

Udang Laut per Kg - www.business-standard.comUdang Laut per Kg - www.business-standard.com

Beberapa di Indonesia sudah mulai dilanda hujan, tak terkecuali dengan Sumatera Utara. Akibatnya, harga segar di sejumlah Medan pun menjadi naik. Kenaikan harga sejumlah komoditas seperti ikan tongkol, ikan kembung, hingga udang pun dilaporkan naik lantaran cuaca kurang bersahabat, sehingga banyak nelayan yang tidak melaut.

Meskipun mahal, beberapa masyarakat masih ada yang tetap rela membeli hasil tangkapan laut tersebut karena memang merupakan kebutuhan. Namun ada juga yang mengurungkan niatnya untuk membeli hasil laut karena harganya yang dinilai kelewat mahal.

Kata salah seorang pedagang ikan basah di Pasar Tradisional Simpang Limun Medan, Uci, harga ikan segar sejak seminggu ini memang sudah naik. “Seperti ikan dencis naik jadi Rp32.000 ada juga yang Rp35.000 per kg-nya biasanya Rp28.000 per kg. Ikan tongkol biasanya Rp25.000 per kg jadi Rp 32.000per kg. Ikan bawal biasanya Rp60.000 per kg hari ini aja Rp70.000. Cumi-cumi biasa Rp50.000 per kg jadi Rp60.000 per kg. Udang biasanya Rp65.000 jadi Rp75.000 per kg-nya,” kata Uci, seperti dilansir Medaninside.

“Jangankan ikan laut, ikan air tawar pun sepi ini. Biasanya ada ikan patin hidup ini hanya ikan nila aja yang ada. Kalau untuk harganya sih biasanya ya Rp29.000 per kg-nya,” imbuh Uci.

Sementara itu, berdasarkan hasil penelusuran di sejumlah situs jual beli online, harga udang vaname hidup 1 kg isi 60-80 ekor Rp150 ribu, sedangkan udang vaname frozen (beku) isi 20-30 ekor per kilogram Rp140 ribu. Ada juga udang galah 1 kilo isi 10-15 ekor yang dihargai hingga Rp235 ribu. Harga udang laut per kg bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung pasokan yang ada di .

Selain udang laut, masyarakat pun biasanya juga banyak yang membeli udang air tawar hasil budidaya di tambak. Tapi tak jauh berbeda dengan tangkapan di laut, harga ikan dan udang yang didapatkan dari tambak biasanya mengalami penyesuaian sebelum dan sesaat panen.

Loading...