Bisa Jadi Bumbu Masak, Harga Ebi Kering per Kilo Lebih Mahal dari Udang Segar

Ebi Kering atau udang keringIlustrasi : Ebi Kering atau udang kering - tipsbudidaya.com

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki hasil melimpah. Tak hanya untuk memenuhi konsumsi dari dalam negeri, hasil Tanah Air kita ini juga banyak yang diekspor. Udang misalnya, selain dalam kondisi yang masih segar juga bisa dikeringkan menjadi ebi sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan udang-udang yang masih segar. Harga udang ebi per kilo kabarnya relatif lebih mahal dari udang segar karena bisa dimanfaatkan sebagai bumbu atau penyedap suatu hidangan.

Ebi terbuat dari udang-udang kecil yang sudah dikeringkan. Menariknya, apabila ebi kering tadi direndam dalam air panas, maka akan mengembang dan menjadi seperti udang segar. Pemanfaatan udang ebi pun sangat luas. Masyarakat biasa mengolahnya menjadi sambal goreng, digunakan sebagai bahan bumbu tumisan, atau bahkan untuk campuran masakan kering kentang. Ebi kering memiliki aroma yang harum dan gurih, hampir sama seperti aroma udang segar.

Ketika cuaca sedang panas, tangkapan jenis udang lipan (udang getak) di Kuala Jelai kabarnya akan meningkat. Udang berukuran kecil tersebut lebih sering dikeringkan untuk kemudian dijadikan ebi. Menurut salah satu nelayan Kuala Jelai bernama Wanto, tangkapan udang kecil tersebut melimpah dan sengaja mereka keringkan supaya dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama sekaligus meningkatkan harga jualnya di . “Kalau sudah diolah menjadi udang ebi harganya sedikit lebih mahal dan bisa disimpan lebih lama,” kata Wanto, seperti dilansir Prokal.

Salah satu pengrajin udang ebi bernama Yuni juga membenarkan hal tersebut. Beberapa tahun lalu, harga udang lipan yang masih basah atau belum diolah hanya dijual dengan harga sekitar Rp9 ribu per kilogram, sedangkan bila diolah jadi udang ebi maka bisa dijual dengan harga berkali-kali lipat sekitar Rp75 ribu per 1 kg. Namun ia menyayangkan, walau udang ebi cukup banyak, jumlah pembelinya masih sedikit.

Tak hanya di pasar-pasar tradisional atau ritel modern, udang ebi pun kini juga sudah banyak diperjual-belikan secara per ons atau per kg. Harga udang ebi per kilo bervariasi, berkisar mulai Rp99 ribuan hingga mencapai Rp300 ribuan sekilo-nya. Selain kecil-kecil, kini juga banyak menjual udang ebi kering berukuran besar atau bahkan yang sudah dikupas kulitnya.

Loading...